Penyakit yang Merenggut nyawa Legenda Komik Marvel - Male Indonesia
Penyakit yang Merenggut nyawa Legenda Komik Marvel
MALE ID | Sex & Health

Stan Lee, penulis komik Marvel, menderita penyakit pneumonia atau radang paru-paru yang merenggut nyawanya. Penyakit ini adalah infeksi yang terjadi pada salah satu atau kedua paru-paru, disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur.

radang paru - Male IndonesiaPhoto by Vittore Buzzi on Unsplash

Pneumonia atau radang paru-paru akan menyebabkan alveoli. Alveoli yang terisi cairan atau nanah membuat Anda sulit bernapas. Dari jenisnya, pneumonia terbagi menjadi tiga, antara lain:

Pneumonia Bakterial
Bakteri yang paling sering menyebabkan kondisi paru-paru basah terjadi yaitu streptococcus pneumoniae. Sementara, chlamydophlla pneumonia dan legionella pneumophila juga merupakan bakteri penyebab paru-paru basah.

Pneumonia Viral
Virus sering kali menjadi pemicu penyakit pneumonia. Biasanya, gangguan yang disebabkan oleh virus ini tidak terlalu serius dan hanya terjadi dalam waktu sebentar saja ketimbang gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh bakteri.

Pneumonia Mycoplasma
Mycoplasma adalah organisme yang bukan berasal dari jenis virus maupun bakteri, tetapi dapat mengakibatkan gangguan serupa. Biasanya, paru-paru basah jenis ini dialami oleh remaja dan dewasa.

Pneumonia Jamur
Pneumonia jamur menyerang pasien yang mengalami penyakit kronis atau orang dengan sistem imun rendah. Jamur yang jadi penyebab pneumonia biasanya berasal dari tanah.

Gejala pneumonia bisa dalam bentuk yang ringan hingga mengancam jiwa. Namun, gejala yang paling umum meliputi:

  1. Batuk yang menyebabkan lendir
  2. Demam, berkeringat, dan merasa kedinginan
  3. Nyeri dada
  4. Kesulitan bernapas
  5. Nafsu makan rendah
  6. Merasa lelah
Gejala lainnya dapat bervariasi, tergantung penyebab dan keparahan infeksi, juga usia dan tingkat kesehatan masing-masing individu.

Jika mengidap pneumonia bakterial, Anda akan mendapatkan antibiotik. Pastikan Anda mengonsumsi semua obat yang diberikan dokter, bahkan meski sudah merasa lebih baik.

Namun apabila Anda memiliki pneumonia viral, antibiotik justru tidak akan membantu. Anda membutuhkan istirahat, banyak cairan, dan obat-obatan pereda demam.

Anda perlu pergi ke rumah sakit ketika gejalanya semakin parah, atau kondisi lain yang berisiko menyebabkan komplikasi.

Dengan beberapa pencegahan ini, Anda bisa menghindari pneumonia:

  1. Vaksin pneumonia
  2. Berhenti merokok. Rokok membuat seseorang rentan terhadap infeksi pernapasan, termasuk pneumonia
  3. Cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air
  4. Tutupi batuk dan bersin
Mulailah gaya hidup sehat guna memperkuat sistem kekebalan tubuh. Istirahat yang cukup, diet sehat, dan olahraga secara teratur. [GP]

SHARE