Bosan dengan Pantai, Coba Jenis Traveling Ini - Male Indonesia
Bosan dengan Pantai, Coba Jenis Traveling Ini
MALE ID | Relax

Seiring trend traveling makin berkembang, jenis-nya pun semakin beragam. Apalgi booming-nya destinasi yang instagramable. Sehingga bagi mereka yang mulai hobi jalan-jalan, memiliki banyak pilihan dan alternatif.

Artinya, bagi Anda yang ingin melepas lelah atau stress pekerjaan, banyak sekali jenis dan tempat untuk melakukan traveling. Maka dari itu, bagi pecinta traveling mencoba hal baru merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Inilah beberapa contoh jenis traveling yang sedang populer saat ini, dan mungkin bisa menjadi alternatif Anda sebagai hal baru yang patut dicoba.

Sailing Trip

Photo: Pexels.com

Live on Board adalah akitivitas wisata yang sedang digemari oleh wisatawan Indonesia. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara di Pulau komodo tenyata memberikan efek positif terhadap perkembangan wisata baru yang dikenal dengan sebutan sailing trip. Untuk jenis wisata ini masih terpusat di wilayah timur Indonesia yaitu wilayah Labuan Bajo.

Destinasi tersebut merupakan titik awal keberangkatan sebelum mengunjungi Pulau Komodo dan pulau-pulau sekitarnya. Kegiatan mengisi liburan dengan cara menghabiskan waktu diatas kapal Pinisi yang mewah serta dengan fasilitas yang sangat lengkap dan memadai layaknya hotel berbintang akan memberikanmu pengalaman berbeda.

Suasana seru dan asiknya terombang-ambing diatas perairan selama beberapa hari memberikan sensasi petualangan yang tidak biasa. Menikmati keindahan landscape dan wisata underwater di pulau ini seperti menyihir siapapun yang mengikuti kegiatan sailing trip. Bagi Anda yang belum pernah mecoba kegiatan sailing trip luangkanlah waktu sekali seumur hidup untuk mendapatkan pengalaman berpetualang mengarungi laut timur Indonesia.

Staycation

Photo: Sopian/Male.co.id

Liburan bukan melulu harus ke luar kota bahkan ke luar negeri, liburan di dalam kota tetap bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang punya waktu singkat. Jenis traveling ini dikenal dengan nama staycation yang merupakan penggabungan dari kata stay dan vacation

Istilah ini pertama kali muncul di Amerika serikat saat negara tersebut mengalami krisis keuangan di tahun 2003. Staycation memiliki banyak keuntungan dibanding dengan jenis traveling yang lain. Salah satu keuntungannya adalah penghematan budget dan alokasi waktu. 

Anda bisa melakukan aktivitas bersepeda keliling kota, mengunjungi taman, mengunjungi event, mengunjungi museum bahkan menghabiskan waktu di vila atau hotel. Dengan berbagai keuntungan ini staycation bisa dijadikan pilihan dan sumber inspirasi bagi kamu yang ingin memghilangkan penat dengan waktu yang singkat.

Glamping

Photo by Wicker Paradise on Flickr

Kebutuhan orang dengan hal baru terutama di era digital yang didominasi oleh para milenial menuntut pengelola pariwisata lebih jeli dalam memberikan alternatif liburan yang bisa dijadikan pilihan bagi wisatawan. Salah satu jenis traveling baru yang sedang naik daun adalah glamping. 

Glamping merupakan singkatan dari Glamour camping. Sebenarnya, jenis traveling ini merupakan pengembangan dari wisata camping biasa, namun dengan dikemas lebih kreatif, maka munculah ide bagi para traveler untuk bisa menikmati kegiatan camping tanpa harus meninggalkan kenyamanan dan kemudahan selama berwisata. 

Glamping bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin tetap merasa nyaman walaupun harus menginap di tengah hutan dan jauh dari hingar bingar perkotaan.

Voluntourism

Photo by Antonix Wayfarer on Wikipedia

Kegiatan sosial dikalangan milenial tergolong sangat tinggi, terlihat dengan makin maraknya komunitas-komunitas yang dibentuk untuk tujuan kemanusiaan. Hal itu juga yang membuat dunia voluntourism seakan memiliki daya tarik tersendiri bagi anak muda perkotaan.

Dalam bahasa inggris voluntarism ini terdiri dari dua kata yaitu volunteer dan tourism, sehingga jika di terjemahkan akan memiliki makna kegiatan sosial atau kegiatan amal yang dilakukan secara sukarela namun tetap bisa menikmati sebuah perjalanan wisata. Sehingga bagi peserta jenis traveling ini bisa mendapatkan dua tujuan sekaligus yaitu berwisata dan tetap memberikan manfaat untuk lingkungan di sekitarnya. *** (SS)

SHARE