Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Pria Kering - Male Indonesia
Kebiasaan Sepele yang Membuat Kulit Pria Kering
MALE ID | Looks

Aktivitas yang padat, membuat pria terkadang lupa atau enggan merawat tubuhnya. Padahal hal tersebut penting dalam menunjang penampilan yang baik dan bersih. Alhasil banyak kebiasaan yang tak disadari membuat kulit kering.

Photo by ahmed zid on Unsplash

Secara umum, kulit kering merupakan kondisi kulit dikarenakan kekurangan cairan, seperti kurang minum air putih. Namun, hal tersebut adalah salah satu dari sekian banyak penyebab kulit kering yang diakibatkan justru dari kebiasaan sepele. Melansir dari Readersdigest, berikut kebiasaan sepele yang mungkin tanpa Anda sadari dapat menyebabkan kulit kering.

Tidak Perhatikan Kandungan Sabun yang Digunakan
Di antara Anda mungkin ada yang tidak memerhatikan kandungan sabun yang digunakan. Asalkan bersih dan wangi, sabun tersebut tetap dipilih dan digunakan. Rata-rata orang memilih sabun karena dapat membersihkan kotoran dengan baik.

Tetapi perlu Anda perhatikan juga isi dari kandungan sabun tersebut. Jika mengandung detergen atau bahan kimia yang keras dapat menyebabkan masalah kulit, seperti kering dan iritasi. Sebelum membeli sabun batangan atau sabun cair ada baiknya Anda memilih sabun yang bukan hanya dapat membersihkan tetapi juga menutrisi serta menjaga kelembapan kulit.

Mandi dengan Air Panas
Mandi menggunakan air hangat atau panas memang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tetapi terlalu sering memanjakan diri mandi dengan suhu air yang panas dapat berbahaya bagi kulit. Saat suhu air terlalu panas kulit akan menjadi lebih cepat kering dan dehidrasi.

"Kulit yang berlebihan terkena air, terutama air panas, dapat menyebabkan kulit mengelupas dan mengalami serta mengganggu penghalang kulit,” jelas Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City. 

Kurang Minum Air Putih
Kebiasaan ini sering dilupakan banyak orang. Mungkin Anda pernah mendengar aturan-aturan tentang berapa banyak gelas air yang harus diminum setiap harinya. Nyatanya, hal itu memang perlu untuk dilakukan. Apalagi, jika Anda mempunyai kulit yang sensitive.

Kekurangan air putih dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan membuat kulit kering. Terlebih jika cuacanya yang panas, minum air putih merupakan suatu kewajiban. Saat cairan dalam tubuh sudah terpenuhi, kulit juga akan semakin terawat dari dalam.

Penggunaan Pelembab yang Salah
Tak hanya wanita, pria pun penting menggunakan pelembab agar kulit terlihat tidak kering. Tetapi masalahnya, pria terkadang asal dalam penggunaan pelembab itu sendiri. Jika menurut Anda menggunakan pelembap merupakan satu-satunya jalan untuk menghindari kulit kering, nyatanya salah. 

Bukannya mendapatkan kulit yang sehat, salah menggunakan pelembap malah akan merusak kulit. "Lotion berbahan dasar air dengan kandungan minyak yang rendah, membuat lotion tidak terserap dengan baik oleh kulit dan cepat menguap. Hal itu yang menyebabkan kulit kering," jelas Jerome Garden, MD, direktur dari Institut Laser dan Dermatologi Dokter di Chicago, Amerika Serikat.

Pilihlah pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit dan jangan lupa untuk selalu melihat isi kandungannya. Pemakaian pelembap juga tidak boleh terlalu banyak agar dapat meresap ke kulit lebih maksimal. *** (SS)

SHARE