Mengenang Kehidupan Stan Lee, Legenda Marvel - Male Indonesia
Mengenang Kehidupan Stan Lee, Legenda Marvel
MALE ID | News

Legenda Marvel, Stan Lee menghembuskan napas terakhirnya pada Senin, 12 November 2018 lalu. Ia wafat di usia 95 tahun, sebagaimana diwartakan ABC News.

Gage Skidmore/flickr

Sebelum meninggal, Stan Lee telah menciptakan karakter komik paling terkenal di dunia. Termasuk Spiderman, Iron Man, Hulk, Black Panther, The Avengers, Doctor Strange, serta masih banyak lagi.

Namun, bagaimana kehidupannya sebelum menjadi penulis komik Marvel? Inilah beberapa fakta seputar perjalanan hidup Stan Lee.

Berasal dari Keluarga tak Mampu
Ia lahir pada 28 Desember 1922 di Manhattan, New York City. Setelah usia remaja, Lee beserta keluarganya pindah ke apartemen sederhana di Bronx. Di apartemen itu, ia dan adiknya harus berbagi tempat tidur.

Di sela-sela kegiatan sekolahnya, ia bekerja paruh waktu sebagai penulis berita duka di surat kabar. Selain itu juga ia sempat menjadi office boy di sebuah pabrik celana.

Awal Karier Diawalinya Sebagai Asisten Divisi Majalah Komedi
Dengan bantuan pamannya, Robbie Solomon, Stan Lee menjadi asisten divisi majalah komedi dan penerbit buku komik milik Martin Goodman, Timely Comics pada tahun 1939. Tugasnya saat itu memastikan tinta yang digunakan para seniman terisi penuh.

Ia juga bertugas mengantarkan makan siang, melakukan proofreading, serta menghapus coretan pensil di halaman-halaman yang telah selesai dikerjakan para artis.

Menulis superhero di Tahun 1941
Stan Lee secara resmi dipekerjakan oleh editor Timely, Joe Simon. Karakter superhero pertama yang diciptakannya adalah Destroyer di Mystic Comics. Selama periode Golden Age of Comic Books, ia juga membuat karakter Jack Frost.

Saat Joe Simon dan rekannya hengkang pasca konflik dengan Martin Goodman, Stan Lee yang masih remaja diangkat sebagai editor sementara. Pemuda itu menunjukkan bakat dalam berbisnis, sehingga mampu bertahan di posisinya, editor in chief dan direktur seni sampai tahun 1972. Timely Comics berhasil menjadi penerbit sukses.

Mendapat berbagai Penghargaan
Ia resmi bergabung ke dalam industri buku komik usai menerima Will Eisner Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Fame setahun kemudian. Bahkan ia juga menerima National Medal of Arts di tahun 2008 silam.

Stan Lee Bukan Nama Sebenarnya
Pria yang dikabarkan wafat di usia 95 tahun ini terlahir dengan nama asli Stanley Martin Lieber. Ketika mulai menulis komik, ia memakai nama samaran Stan Lee, yang lantas menjadi nama resmi di setiap karyanya. [GP]

SHARE