Danau Tambing, Destinasi Ideal Bagi Penyuka Alam - Male Indonesia
Danau Tambing, Destinasi Ideal Bagi Penyuka Alam
Gading Perkasa | Relax

Menentukan destinasi berlibur berdua terkadang dirasa sulit karena Anda harus mempertimbangkan berbagai hal, tapi kami sarankan Anda ajak pasangan liburan ke Danau Tambing. Memang, apa yang menarik di sana?

Video: Arnie Simanjuntak

Danau Tambing adalah sebuah danau yang berada di Desa Sedoa, Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Dengan letak di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut, danau ini merupakan salah satu bagian dari wilayah Taman Nasional Lore Lindu.

Setiap akhir pekan atau hari libur, ratusan wisatawan mengunjungi Danau Tambing. Sebagian besar dari mereka menginap dengan berkemah di tepian danau antara satu hingga dua malam.

Di danau ini, tersedia area khusus untuk berkemah. Air dan fasilitas yang disediakan cukup nyaman, antara lain toilet umum, tempat ibadah dan persewaan alat berkemah dan memancing. Rata-rata, wisatawan datang ke Danau Tambing untuk mengamati burung.z

danau tambing - Male Indonesia

Ada sekitar 260 jenis burung di dalam kawasan danau. Keberadaan burung-burung tersebut menjadikannya sebagai daya tarik wisatawan dari mancanegara yang ingin melakukan pengamatan ilmiah.

Selain berkemah dan bersantai dengan hammock atau mengamati burung, di sini Anda dapat melakukan kegiatan lain seperti memancing. Ada sebuah pos yang menyewakan peralatan berkemah dan memancing dengan harga sangat terjangkau. Waktu terbaik untuk memancing ikan di sini adalah siang hingga sore hari.

Suhu di sekitar Danau Tambing sangat sejuk, suasananya pun cukup tenang, jauh dari pemukiman penduduk. Anda bakal ditemani orkestra dari burung-burung yang saling bersahutan mulai matahari terbit hingga tenggelam.

Danau Tembing  - Male Indonesia

Perlu diingat, bahwa suhu di Danau Tambing pada malam hari bisa sangat dingin, mencapai 10 - 15 derajat Celcius. Oleh karena itu, bawalah pakaian tebal dan sleeping bag ketika Anda memutuskan berkemah dan menginap di sekitar kawasan danau. Serta persediaan makanan yang cukup.

Bagi Anda yang senang memotret, jangan lupa membawa lensa tele. Karena ratusan burung dan pemandangan di sana sangat menakjubkan untuk diabadikan ke dalam sebuah gambar.

 Danau Tembing - Male Indonesia

Tidak sulit mencapai danau ini. Hanya memakan waktu sekitar 2 - 3 jam perjalanan dari kota Palu. Lokasinya pun strategis, tepat di tepi jalan Trans Palu - Napu, menjadikan Danau Tambing sebagai objek wisata ideal bagi penggemar wisata alam. [GP]

SHARE