Survei:Ungkap Rahasia Untuk Selalu Jadi Pria Sehat - Male Indonesia
Survei:Ungkap Rahasia Untuk Selalu Jadi Pria Sehat
MALE ID | Sex & Health

Merujuk pada data yang dirilis oleh Asia Pacific Risk Center, yang menyatakan bahwa Asia Pasifik merupakan kawasan yang mengalami penuaan populasi tercepat di dunia dengan lebih dari 200 juta orang diperkirakan akan memasuki usia tua (berusia 65 tahun ke atas) mulai dari sekarang hingga 2030 mendatang.

Photo by Goh Rhy Yan on Unsplash

Merujuk pada rilis pada cepatnya proses penuaan tersebut, menjadi tantangan baru dari segi kesehatan. Di mana muncul pertanyaan bagaimana penuaan yang sehat itu?  Maka dari itu, Herbalife Nutrition sebuah perusahaan produk kesehatan berbasis direct selling melakukan survei bertajuk "2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey".

Diadakan pada Agustus 2018 dengan melibatkan 5.500 responden yang berusia 40 tahun atau lebih di 11 negara termasuk Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam, survei tersebut mengungkap berbagai wawasan tentang makna penuaan yang sehat (healthy aging), pentingnya perubahan gaya hidup untuk penuaan yang sehat, serta beberapa aspek pendorong dan pengaruh penuaan yang sehat. 

Survei menunjukkan mayoritas dari responden Indonesia (70%) meyakini bahwa arti dari menua dengan sehat adalah jika tidak mengalami penyakit kronis atau akut dan 69% dari responden juga menyatakan menua dengan sehat berarti tidak menjadi beban keluarga di masa tuanya.

Namun, yang cukup menggembirakan adalah temuan bahwa mayoritas responden di Indonesia (71%) percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat. Bahkan 90% responden Indonesia mengatakan mereka sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan.

Ketika ditanyakan tentang perubahan gaya hidup terpenting guna mewujudkan penuaan yang sehat, 81 persen responden memilih menghadirkan pilhan nutrisi yang lebih baik. Alasan itu muncul setelah menjalani kegiatan fisik secara lebih rutin (75 persen) dan terlibat dalam kegiatan yang lebih merangsang mental (71 persen).

Dalam hal jenis suplemen yang tengah dikonsumsi para konsumen Asia Pasifik, survei mengungkapkan, sebagian besar konsumsi suplemen mereka masih berkutat dengan multivitamin (75 persen) dan kalsium (53 persen). Namun, hanya satu dari 10 orang yang mengonsumsi protein sebagai bagian dari perpaduan suplemen mereka untuk penuaan yang sehat. 

Protein menjadi nutrisi penting yang membantu perkembangan otot demi penuaan yang sehat ketika dikombinasikan dengan gaya hidup aktif. Temuan dari survei menunjukkan, peran protein dalam mendukung penuaan yang sehat dianggap kurang penting. 

Sementara, kurangnya motivasi menjadi alasan utama bagi mayoritas responden (49%) belum memulai mengambil langkah untuk menghadapi fase penuaan. Dan 37% dari responden juga menyatakan bahwa keterbatasan waktu menyebabkan mereka masih belum memulai untuk mengambil langkah positif untuk manghadapi masa penuaan.

Ketika ditanya, hal apa yang akan memotivasi mereka dalam menerapkan aktivitas fisik lebih sering untuk menghadapi penuaan, 76% responden mengatakan bahwa mempunyai pemahaman lebih baik tentang peran aktifitas fisik terhadap proses menua dengan sehat, akan memotivasi untuk melakukan aktivitas fisik lebih sering.

Saat ditanya tentang siapa yang akan memberikan dorongan motivasi secara positif dalam menghadapi fase menua dengan sehat, keluarga dan sahabat sebagai saluran utama bagi konsumen Asia Pasifik dalam memperoleh berbagai kiat tentang penuaan yang sehat. Ada 51 persen responden yang mengandalkan keluarga dan sahabat, di atas media daring (49 persen) dan TV (43 persen).

Kemudian, saat ditanya pada usia berapakah, seseorang harus memulai mengambil langkah yang tepat untuk menghadapi pertambahan usia dan menua dengan sehat: 63% menyatakan usia 40-45 tahun adalah rentan usia yang tepat. 13% menyatakan usia 46-50 tahun adalah rentan usia yang tepat. 12% menyatakan usia 51-55 tahun adalah rentan usia yang tepat. *** (SS) 

SHARE