Kenali Aplikasi Jahat Menyamar di Play store | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kenali Aplikasi Jahat Menyamar di Play store
Gading Perkasa | Digital Life

Google selalu menyebutkan bahwa aplikasi yang disediakan lewat Play Store sangat terjamin keamanannya. Tapi pada kenyataannya, beberapa perusahaan keamanan siber atau antivirus menemukan ada aplikasi palsu dan berbahaya di dalam toko tersebut.

Bram.Koster/flickr

Itu artinya, pengguna smartphone berbasis Android tetap dituntut untuk lebih jeli menilai aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Menurut tips dan trik yang dibagikan oleh perusahaan keamanan siber Avast, pengguna tidak dianjurkan langsung mengunduh aplikasi yang dianggap menarik.

Berikut ini ada beberapa langkah yang harus MALEnials lakukan sebelum mengunduh aplikasi di Play Store demi menghindari bahaya berupa malware yang ditanamkan di dalamnya. Antara lain:

Lihat statistik unduhan

Apabila sebuah aplikasi yang memiliki nama dan tampilan serupa aplikasi populer justru tidak memiliki jumlah unduhan besar, maka kemungkinan aplikasi tersebut palsu. Hal ini juga berlaku apabila sebuah aplikasi tidak mempunyai jumlah unduhan yang sedikit.

Baca ulasan atau review aplikasi

Di bagian bawah Google Play Store, selalu tersedia ulasan dari pengguna lainnya. Aplikasi yang bagus biasanya ulasannya juga bagus, tapi hal ini tidak selamanya benar.

Apabila ulasan terlalu bagus atau memuji, kemungkinan ulasan itu palsu atau dibuat menggunakan akun Google lain. Hanya saja, biasanya pengguna lain akan meninggalkan peringatan di kolom ulasan jika mereka lebih dulu menyadari aplikasi tersebut adalah palsu.

Periksa kesalahan pengetikan judul dan deskripsi

Setiap aplikasi memiliki judul dan deskripsi terkait fungsi atau fitur yang ditawarkan. Hal ini penting, karena sebagai cara untuk menarik minat penggunanya.

Pengembang aplikasi (developer) palsu umumnya malas membuat deskripsi lengkap dan menarik. Justru mereka meniru nama aplikasi lain.

Lihat akses yang diminta

Sebuah aplikasi di Google Play Store biasanya akan tersedia opsi bernama permission details di bagian bawah. Permission details berisi izin akses apa yang dibutuhkan aplikasi pada smartphone Anda.

Karena itu, periksa kembali dengan seksama setiap izin akses tersebut, apakah Anda merasa ada yang terasa aneh atau bahkan bisa berbahaya untuk keamanan data di smartphone Anda. [GP]

SHARE