Keunikan Keren Motor Listrik Tebaru Buatan Kymco - Male Indonesia
Keunikan Keren Motor Listrik Tebaru Buatan Kymco
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Sekarang ini, pabirkan roda dua semakin berambisi meluncurkan motor listrik buatannya. Setelah nama-nama beken seperti BMW, Harley Davidson, Yamaha, dan Lightning Motorcycle merilis produk listrik, kali ini giliran Kymco unjuk gigi.

kymco.com

Pada pameran EICMA 2018 yang digelar di Milan, Italia, pabrikan Kymco memamerkan motor listrik buatan mereka yang disebut SuperNEX. Ini menjadi perhatian lebih, karena Kymco yang biasa menyajikan skuter, beralih ke motor sport dan sudah berjantung elektrik.

Lebih dari itu, SuperNEX menawarkan transmisi sebanyak 6-speed, seperti yang terdapat di motor bermesin konvensional. Inilah yang jarang dijumpai di motor listrik lain, perpindahan transmisi.

Dalam laman resmi Kymco disebutkan bahwa perpindahan transmisi memang sengaja mereka sediakan. Menurut mereka, salah satu daya tarik dari motor sport bagi pengguna adalah ketika memindahkan gigi. Hasilnya, kombinasi jantung elektrik dengan perpindahan transmisi tanpa kopling pada SuperNEX.

Inovasi tersebut menjadikan SuperNEX diklaim bisa berakselerasi 2,9 detik untuk menyentuh kecepatan 100 km/jam dari posisi diam. Sedangkan butuh waktu sekitar 7,5 detik agar motor menyentuh 200 km/jam, hingga akhirnya mencapai kecepatan puncak 250 km/jam dalam hitungan 10,9 detik.

Klaim angka itu berkat bekal Full Engagement Performance (FEP) dari manufaktur yang mengontrol penyaluran daya dengan baik ke roda belakang. Fungsinya mirip launch control pada sportscar dan supercar. FEP juga mengantarkan traksi lebih baik dalam kondisi permukaan jalan yang licin.

Masalah suara dari motor listrik ditangani oleh Kymco melalui penambahan fitur. Disebut Active Acoustic Motor, memungkinkan SuperNEX punya suara buatan layaknya motor dengan mesin pembakaran internal.

Sumber utama suara adalah generator aksutik multi frekuensi yang merekontstruksi suara dinamis dari motor lain, dan tingkat kemiripannya sangat tinggi.

Pada mode berkendara, SuperNEX didukung Adaptive Machine Personalities, yang terbagi ke dalam pilihan Poised, Assertive, Bold dan Extreme. Dalam bahasa umum mode itu bisa disebut Tour, Road, Sport dan Race.

Menilik segi penampilannya sendiri, SupeNEX adalah tipikal motor sport full fairing dibalut shockbreaker dari Ohlins. Sedang velg emas berlabel O.Z. Racing dan dibungkus ban Metzeler. Sektor pengereman menggunakan cakram dari Brembo.

Sayangnya, pihak manufaktur belum menyediakan informasi lebih lanjut dan detail spesifikasi untuk SuperNEX. Harganya pun belum disampaikan. Tapi bisa dipastikan betapa seriusnya pabrikan roda dua asal Cina itu dalam meramaikan produksi motor listrik di dunia. [GP]

SHARE