Inilah Penyebab Kumis Anda Tidak Tumbuh Merata | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Inilah Penyebab Kumis Anda Tidak Tumbuh Merata
Gading Perkasa | Looks

Banyak pria ingin menumbuhkan kumis dan merawatnya sehingga tampak rapi dan keren. Sayangnya, hal itu tidak mudah.

Photo by Nathan Jefferis on Unsplash

Ketika dilakukan secara tepat, menumbuhkan kumis bisa membuat seorang pria tampak lebih gagah dan tegas. Sebaliknya, jika tidak dirawat dengan benar, yang ada penampilan justru berantakan.

Dan Glass, pemangkas rambut senior di Murdock, London berbagi informasi tentang kesalahan yang biasa dilakukan pria ketika menumbuhkan kumis. “Jangan rawat kumis seperti pakaian mahal. Kumis harus jadi bagian dari keseluruhan tampilan,” kata dia.

Tidak Memakai Produk yang Tepat
Jangan pernah pakai minyak janggut pada kumis yang baru tumbuh. Ketika sudah tumbuh sekitar satu inci, barulah Anda bisa mengoleskan pelembap janggut.

“Pelembap janggut tak hanya menguatkan rambut kumis, melainkan juga melembapkannya dan mengatasi iritasi yang mungkin terjadi saat kumis tumbuh,” ujar Glass.

Penggunaan styling wax bisa dikatakan percuma sebelum rambut kumis benar-benar tumbuh dengan baik.

“Produk seperti pomade untuk kumis tidak berbahaya dan bikin kumis berkilau, namun akan lebih baik jika Anda menggunakannya setelah agak panjang,” ucapnya.

Tidak Memangkas Secara Diagonal
Bagi pria yang baru menumbuhkan kumis, mungkin tergoda memotong kumis yang ada di sekitar mulut. Banyak dari mereka tidak memangkasnya secara diagonal, sehingga menyisakan garis horizontal yang cukup jelas dan penampilan menjadi kurang sempurna.

Memangkas kumis secara diagonal dan menurun ke arah mulut akan memberikan tampilan yang alami, cenderung lebih menarik sekaligus membangun kekuatan dan ketegasan.

Membiarkan Kumis Menghalangi Mulut
Kesalahan pria dalam menumbuhkan kumis selanjutnya, mereka biasa membiarkannya menghalangi mulut. “Jika Anda mau memotongnya, salah satu prinsipnya adalah membuat kumis tampak kokoh pada bagian bibir, tapi jangan sampai menghalangi mulut,” ujar Glass.

Glass menambahkan, kumis Anda tak perlu tipis layaknya Charlie Chaplin. Cukup pastikan saja bahwa tidak ada rambut yang masuk ke dalam mulut saat minum atau makan.

Glass merekomendasikan agar kumis dipangkas beberapa kali dalam seminggu, tergantung dari kecepatan pertumbuhan rambut.

Tidak Mencukur Bersih Sisa Rambut
Penyebab terakhir kumis tumbuh kurang sempurna, karena sisa rambut tak tercukur bersih. Agar menghasilkan efek kumis yang penuh, Glass menyarankan para pria untuk mencukur bersih sisa rambut kumis di wajah.

Dengan cara tersebut, tampilan kumis akan lebih mengesankan. Glass mengakui, salah satu gaya kumis yang cukup dikenal adalah gaya aktor Henry Cavill pada film Mission Impossible-Fallout. “Gaya Cavill terlihat sangat tegas dan sopan, seperti di era 1940-an,” tuturnya.

Semua kesalahan menumbuhkan kumis yang telah disebutkan di atas sudah semestinya dihindari. Simak juga artikel kami mengenai jenis kumis yang digilai kaum hawa. [GP]

SHARE