Dunia Kerja di Masa Depan, Anda Butuh Keahlian ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Dunia Kerja di Masa Depan, Anda Butuh Keahlian ini
Gading Perkasa | Works

Dunia kerja akan terus berubah mengikuti zaman. Tentunya proses perekrutan calon karyawan pada tahun 1970-an bakal sangat berbeda dengan perekrutan calon karyawan di masa sekarang.

Pexels

Pertanyaannya, bagaimana gambaran mengenai dunia kerja di masa depan? Pastinya, teknologi di saat itu bakal semakin canggih, melebihi apa yang sudah ada.

Melihat kemungkinan tersebut, pastinya MALEnials harus mempunyai kemampuan dan keahlian khusus agar tetap bisa bersaing di dunia kerja. Berikut keahlian yang wajib Anda miliki di masa depan.

Virtual Collaboration
Di masa depan, akan banyak pekerjaan dan komunikasi yang dilakukan secara virtual. Maka Anda perlu juga membangun bonding di dalam lingkungan kerja supaya bisa bekerja secara lebih efektif. Jadi, meski Anda hanya berkomunikasi lewat virtual saja, Anda bisa hadir secara personal di dalamnya.

Sense Making
Sense making memang bukan tergolong sebagai suatu hard skill, namun menjadi salah satu soft skill yang kelak bakal dicari.

Banyak perusahaan ingin mempekerjakan karyawan dengan kemampuan sense making karena kebutuhan akan individu yang mampu memahami makna tersembunyi dari berbagai ekspresi.

Di samping itu, dengan soft skill ini, Anda juga dapat membangun relasi sekaligus mempermudah Anda dalam bersosialisasi di dunia kerja.

Digital Fluency
Dunia digital saat ini sudah berkembang sangat pesat. Berbagai sektor seperti pekerjaan, industri, dan sektor lain membutuhkan hadirnya orang-orang yang fasih di dunia digital.

Maka jangan heran kalau setiap perusahaan kini mempunyai tim digital marketing sendiri. Tidak menutup kemungkinan apabila keterampilan dan pemahaman akan setiap tools digital menjadi kemampuan yang wajib dikuasai setiap karyawan di masa depan.

Social Intelligence
Perusahaan kelak juga memerlukan orang-orang dengan tingkat kecerdasan sosial yang tinggi. Dengan social intelligence, para pekerja akan lebih mudah dalam menjalin relasi langsung atau bertemu orang lain.

Anda bisa melatih kecerdasan sosial sedari sekarang. Caranya tak sulit, cukup memperbanyak jaringan dan sering bersosialisasi dengan rekan kerja atau rekan di luar kantor.

Selain melatih kecerdasan sosial, Anda juga bisa berlatih bagaimana untuk menstimulasi reaksi dari lawan bicara Anda. [GP]

SHARE