Chuck Berry, Si Bengal yang Jadi Panutan - Male Indonesia
Chuck Berry, Si Bengal yang Jadi Panutan
MALE ID | News

Jika Anda mengenal Elvis Presley sebagai The King of Rock n Roll, seharusnya Anda juga mengenal Chuck Berry. Mungkin ia kalah keren atau stylish dibandingkan Elvis, namun soal suara dan cara memainkan gitar, Chuck tidak ada tandingannya.

wikimedia commons

Nama Chuck Berry masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame bersama Elvis Presley dan lima belas orang legenda lainnya pada tahun 1986.

Pada 18 Maret 2017, Chuck Berry menghembuskan napas terakhirnya di usia 90 tahun. Semua penikmat musik dan penggemar berduka, sebab sosok bengal dengan karya-karya yang brilian telah tiada.

Founder of Rock n Roll
Coba Anda dengarkan lagu berjudul Roll Over Beethoven. Lagu yang diciptakan oleh Berry pada tahun 1956 ini dianggap sebagai manifesto musik rock n roll.

Sejatinya, Roll Over Beethoven beraliran blues, tapi ditambah dengan rythm gitar yang cukup cepat, membuat lagu ini meledak lantaran dianggap sebagai aliran baru.  Menurut kisahnya, Chuck Berry sangat kesal pada saudaranya yang selalu memainkan lagu-lagu karya Beethoven.

Sekadar informasi, baik John Lennon, Paul McCartney, dan George Harrison selalu memainkan lagu Roll Over Beethoven secara reguler sebelum ketiganya mendirikan The Beatles. Bahkan di tahun 1963, lagu tersebut masuk ke dalam album mereka.

Sosok Bengal yang Tak Berhenti Berkarya
Mendapatkan status sebagai bintang di usia muda, Chuck Berry berubah menjadi pribadi yang ‘bengal’. sejumlah kasus membuat dirinya harus mendekam di balik jeruji.

Pada tahun 1962, ia pernah merasakan dinginnya tembok penjara selama kurun waktu 1,5 tahun. Tapi hal itu tidak lantas menjadi halangan bagi Chuck untuk terus berkarya. Setelah keluar penjara, ia mulai menciptakan album baru.

Popularitasnya tidak surut, justru lagu-lagunya diaransemen ulang oleh berbagai band ternama. Mulai dari The Beatles, Rolling Stones sampai Beach Boys, semuanya ramai-ramai membawakan lagu milik Chuck Berry.

Sosok bengal yang tak berhenti berkarya. Itulah deskripsi paling tepat bagi Chuck Berry. Lahir dari keluarga yang sederhana, menjadi penemu musik rock n roll, sedikit bermasalah tapi karyanya selalu dikenang sampai detik ini. Tengok juga BB King, sang maestro blues dalam artikel kami di sini.[GP]

SHARE