Virtual SIM, SIM Masa Depan yang Bisa Curi Sinyal - Male Indonesia
Virtual SIM, SIM Masa Depan yang Bisa Curi Sinyal
MALE ID | Digital Life

Virutal SIM sebenarnya telah lama hadir di Indonesia. Tetapi nampaknya belum banyak yang mengetahui. Salah satu smartphone yang menggunakan virual SIM ini dengan layanan internet Mi Roaming, pada 2017 lalu.

Pxhere.com

Di China, justru telah hadir sejak 2015. Layanan yang telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna ini mendukung 50 negara dan wilayah diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Macau, Taiwan, Hongkong, Korea, Jepang, dan 42 negara Eropa. 

Lalu, yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, apa itu SIM virtual dan apa yang dilakukan oleh SIM virtual? Virtual SIM akan menjadi teknologi masa depan. Seperti diketahui virtual adalah sesuatu yang tidak nyata, yang diartikan dalam virtual SIM adalah ketiadaan fisik card itu. 

Virtual SIM bekerja dengan menyedikana ruang khusus yang terlindungi pada memori internal atau perangkat layaknya apa yang dilakukan oleh kartu SIM biasa. Ruang ini akan disi oleh data yang diunduh melalui saluran radio yang aman, layaknya Anda mengunduh film dan musik favorit Anda.

Cara kerja pada virtual SIM ini juga berbeda-beda antar operator. Misalnya pada SIMO skyroam, di mana pengguna harus mengunduh aplikasi SIMO, untuk bisa terhubung ke internet.

Virtual SIM ini bisa memakai seluruh sinyal dari semua operator yang bekerjasama dengan operator virtual SIM itu. Contohnya ketika pengguna memakai SIM card dari salah satu operator, lalu suatu hari pengguna ke daerah pelosok yang tidak ada sinyal, maka virtual SIM akan menghubungkan sinyal yang ada di daerah tersebut.

Jing Liu, CEO Skyroam mengatakan bahwa virtual SIM ini akan mengambil sinyal yang terbaik yang ada di sekitar di seluruh dunia, dan pengguna akan selalu terhubung dengan internet juga selalu online.

Jika pengguna menggunakan SIM Card fisik, mungkin sulit untuk pergi ke luar negeri karena butuh SIM card yang baru, dengan virtual SIM pengguna bisa terhubung sinyal dari dalam dan luar negeri.

“Ketika kita pergi keluar negeri, ini butuh banyak SIM dan jika dengan virtual SIM kita hanya butuh 1 SIM saja dan itu bisa terhubung ke semua sinyal operator lain,” ucap Jing Liu.

Bagaimana caranya pengguna menelefon? Virtual SIM ini memungkinkan pengguna untuk menelefon karena dari pihak operator virtual SIM akan memberikan pengguna nomor. Nomor sangat penting untuk menelefon, registrasi.

Penggunaan SIM virtual masih belum begitu luas. Masih banyak masyarakat yang memakai SIM card fisik. Beberapa perangkat sudah menggunakan virtual SIM seperti Xiaomi dan Wiko. Ponsel Wiko sendiri baru dirilis pada Kamis (1/11/2018) yang mempunyai fitur virtual SIM yang bekerjasama dengan SIMO skyroam. *** (SS)

SHARE