Kisah Dibalik Sosok Monster Ikonik yang Mendunia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kisah Dibalik Sosok Monster Ikonik yang Mendunia
Gading Perkasa | Story

Siapa dari Anda yang tidak kenal dengan kisah Frankenstein? Bahkan hampir seluruh orang setidaknya dapat menceritakan kisahnya walau hanya sebatas garis besarnya saja.

Pixabay

Kisah Frankenstein yang telah ditulis sejak tahun 1818 ini telah menjadi cerita sangat klasik di seluruh dunia. Dimana menggambarkan seorang ilmuwan yang menciptakan monster keji telah tertanam di kepala masyarakat.

Sama seperti ceritanya yang membuahkan kekaguman dari banyak orang, fakta-fakta dalam proses pembuatan novel ini pun luar bisa mencengangkan. Ini tiga fakta yang dimaksud:

Novel Frankenstein ditulis oleh Seorang Remaja
Kisah Mary Shelley sungguh penuh petualangan. Di usianya yang baru 16 tahun, ia kabur dari rumahnya bersama seorang pria bernama Percy Bysshe Shelley. Hubungan mereka berlanjut ke jenjang serius.

Di tahun 1816, mereka berlibur ke Villa Diodati milik Lord Byron, seorang penulis yang tersohor. Menginjak usia 18 tahun, ia mulai menulis kisah Frankenstein dan dipublisikan ketika ia berusia 20 tahun.

Mary Shelley Menemukan Idenya Melalui Mimpi
Ketika Mary Shelley berusaha untuk menulis ceritanya, ia gagal mendapatkan ide yang menarik. Saat itulah, ia berhalusinasi tentang seorang pria dengan makhluk di sampingnya.

Makhluk tersebut menjadi inspirasi Shelley dalam pembuatan Monster Frankenstein. Menurut dia, apa yang menakutinya akan memberikan dampak yang sama bagi orang lain.

Novel Tersebut Ditulis Lewat Kompetisi Cerita Horor
A Year Without Summer adalah masa yang terjadi akibat letusan gunung Tambora di Indonesia pada tahun 1815. Letusan itu mengakibatkan perubahan iklim yang tidak normal dan hujan tak kunjung henti.

Ketika Mary Shelley berkunjung ke Villa milik Lord Byron, mereka terjebak di dalam kastil. Kemudian, Lord Byron membuat kompetisi menulis cerita horor untuk menentukan siapa penulis terbaik dari orang-orang disana: Byron, Mary, Percy atau seorang dokter bernama John William Polidori.

Mary Shelley diduga memenangkan kompetisi. Sedangkan Byron dan Percy tidak berhasil menyelesaikan cerita mereka. Kendati demikian, John Polidori berhasil menulis The Vampyre yang menginspirasi Bram Stoker untuk menulis Dracula. [GP]

SHARE