Microsoft Siap Bersaing di Perangkat Game Mobile | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Microsoft Siap Bersaing di Perangkat Game Mobile
Gading Perkasa | Digital Life

Tren game mobile yang tengah mewabah rupanya turut menarik perhatian raksasa teknologi Microsoft untuk ikut terjun ke bidang tersebut.

 konsol game - male Indonesiapixabay.com

Namun bukan sebagai pengembang game, Microsoft dikabarkan memilih jalur hardware demi meramaikan pasar game mobile.

Informasi ini pertama kali diketahui oleh Windows Central yang menemukan bahwa Microsoft tengah mengembangkan prototype sebuah konsol untuk perangkat mobile. Keberadaan prototype itu terungkap dari jurnal penelitian Microsoft.

Seperti dilansir dari Tech Radar, konsol ini berfungsi menggantikan tombol virtual yang ada di layar sentuh smartphone atau tablet. Jadi, pengguna perangkat mobile dapat merasakan pengalaman bermain game lebih baik.

Dalam studi Microsoft disebutkan, konsol ciptaannya akan mengombinasikan desain yang ringkas dan mudah dibawa, namun tetap menawarkan kenyamanan konsol klasik. Microsoft menuturkan prototype konsol dibuat dari busa yang lantas dicetak secara 3D.

Kehadiran konsol tersebut, diakui Microsoft, terinspirasi oleh kesuksesan perangkat game mobile semacam Nintendo Switch dan PlayStation Portable (PSP). Secara khusus, Microsoft menyebut Switch merupakan bukti keberhasilan game mobile dengan tombol fisik.

Terlebih, aksesoris konsol game yang ada saat ini masih dianggap terlalu besar dan tidak fleksibel. Hanya saja, belum dapat dipastikan kapan Microsoft akan merilis konsol yang dimaksud ke pasaran.

Sebelumnya, Microsoft juga sedang menyiapkan konsol Xbox generasi terbaru. Berdasarkan kabar yang menyeruak, Xbox generasi terbaru akan meluncur tidak lama lagi.

Melansir The Verge, Kepala Divisi Xbox, Phil Spencer mengakui perusahaan tengah merancang Xbox generasi selanjutnya. Dari laporan terkini, konsol itu disebut hadir pada 2020.

Microsoft sendiri telah menyiapkan konsol dengan kode nama Scarlett. Lebih lanjut disebutkan, proyek ini tak akan menghadirkan satu perangkat saja, melainkan sebuah platform.

Belum banyak informasi yang diungkap soal Xbox terbaru buatan Microsoft. Disinyalir, Microsoft mulai beralih dari sekadar konsol, menghadirkan layanan streaming game.

Meski perusahaan tak menyebut informasi seputar konsol baru mereka, Spencer memastikan bahwa pengalaman pengguna akan menjadi perhatian utama perusahaan.

“Kami berkomitmen bahwa Anda akan memiliki pengalaman terbaik saat bermain di Xbox,” tuturnya saat berbicara dalam gelaran E3 2018. [GP]

SHARE