Pelit atau Boros, Biaya Ideal untuk Kencan Anda | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Pelit atau Boros, Biaya Ideal untuk Kencan Anda
Gading Perkasa | Relationships

Boleh jadi Anda pernah memikirkan berapa biaya ideal yang harus dikeluarkan untuk mengajak kencan wanita. Beruntunglah, sebab apa yang Anda pikirkan terjawab oleh penelitian.

Photo by Kal Loftus on Unsplash

Berdasarkan studi yang dihelat GiftCards, ditemukan bahwa mengajak kencan wanita butuh biaya cukup besar. Namun mungkin tak sebanyak yang Anda kira.

Peneliti melakukan survei terhadap lebih dari 1.000 responden yang didominasi oleh pria. Tujuannya adalah mendapatkan gambaran perihal berapa uang yang dikeluarkan untuk kencan pada umumnya.

Selain itu, peneliti juga mencari tahu pengeluaran uang seseorang ketika melewati momen-momen spesial menurut status hubungan. Peneliti membandingkan para lajang, dan mereka yang punya pasangan.

Mereka mengamati bagaimana status hubungan memengaruhi pengeluaran orang. Rupanya, pria lajang menghabiskan paling banyak uang setiap bulannya.

“Orang-orang yang menjalin hubungan cenderung lebih sering kencan namun mengeluarkan lebih sedikit uang,” tulis laporan studi, sebagaimana dilansir dari USA Today.

“Sebaliknya, para lajang menghabiskan uang cukup besar per bulan. Bisa saja karena mereka menganggap kencan sifatnya masih main-main, jadi mereka tidak mau menghamburkan uang,” kata peneliti.

Studi ini menemukan, para lajang mengeluarkan rata-rata 146 USD untuk kencan setiap bulan. Mereka yang sudah punya pasangan mengeluarkan rata-rata 139 USD bagi pasangannya.

Semakin serius komitmen seseorang dalam hubungan, semakin rendah pengeluaran mereka. Ini terlihat dari mereka yang sudah berkomitmen, hanya merogoh kocek 130 USD per bulan.

Para peneliti juga menemukan bahwa seseorang yang mengeluarkan uang lebih banyak guna merayakan momen spesial (sekitar 144 USD), akan lebih mungkin melanjutkan hubungan ke tahapan selanjutnya.

Di sisi lain, pria yang hanya mengeluarkan 50 USD untuk momen sama, hubungannya cenderung gagal di tengah jalan.

Hal yang sama berlaku pada momen ulang tahun. Pria yang menghabiskan 155 USD demi merayakan ulang tahun pasangan punya kemungkinan lebih besar untuk ke arah serius. Tidak demikian pada pria yang mengeluarkan 99 USD.

“Uang mungkin tidak bisa membeli kebahagiaan, namun tampaknya berkorelasi cukup kuat dengan kepuasan hubungan,” kata para peneliti.

“Tentu saja, ini bisa disebabkan beberapa faktor yang tak bersinggungan secara langsung. Misalnya, ia sedang mengalami tekanan keuangan, bisa saja mengalami ketegangan dengan pasangan mereka dan mengeluarkan lebih sedikit uang ketika kencan.”

Tapi kembali lagi, semuanya tergantung pada pasangan yang dimaksud, serta berapa banyak uang setiap individu. [GP]

SHARE