5 Bandara dengan Jalur Pendaratan Paling Ngeri - Male Indonesia
5 Bandara dengan Jalur Pendaratan Paling Ngeri
MALE ID | Relax

Setiap bandara tentunya memiliki standar keamanan yang ketat untuk melakukan penerbangan (take off) dan pendaratan (landing). Hal tersebut ditetapkan untuk menjaga keamanan atau meminimalisir kecelakaan penerbangan

Tapi tahukah kamu, ada beberapa tempat di dunia yang memiliki bandara dengan proses pendaratan yang sangat berbahaya. Apalagi jika Anda berada di bandara dengan jalur pendaratan paling berbahaya di dunia ini. 

Hanya doa yang bisa Anda panjatkan agar selamat mendarat atau lepas landas. Melansir dari berbagai sumber, berikut lima bandara dengan jalur pendaratan yang paling ngeri di dunia.

1. Bandara Madeira, Portugal

Photo by Flickr upload bot on Wikipedia

Terletak di antara pegunungan dan lautan membaut lokasi badara yang satu ini sangatlah sulit untuk dijangkau, bahkan untuk pilot yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi. Landasan yang aslinya berjarak sangat pendek, yakni haya berjarak 1400 meter saja.

Sehinga landasan ini kemudian diperpanjang hingga dua kali agar lebih membuatnya aman untuk dipakai. Meskipun demikian dengan lokasi dan tingkat kesulitannya, bandara ini tetap menjadi salah satu bandara yang diketahui paling berbahaya di dunia.

2. Bandara Paro, Bhutan

Photo by Greenmnm69 on Wikipedia

Bandara ini, yang terletak di Himalaya, dianggap sebagai satu yang paling berbahaya di dunia. Jumlah pilot yang memenuhi syarat untuk terbang ke Bandara Paro bisa dihitung dengan jari. Pilot-pilot itu harus berayun di sekitar bukit-bukit kecil untuk mencapai landasan pendaratan ini yang terletak di antara 16.000 di kaki gunung.

3. Bandara Sea Ice Runway, Antarctica

Photo by Flickr upload bot on Wikipedia

Sea Ice Runway yang terletak di Antartika ini sangat rentan dengan insiden kecelakaan. Karena bandara daerah ini memang terkenal dengan kawasan yang dipenuhi es. Sehingga landasan pacu harus diukir di atas laut yang membeku setiap tahunnya. 

Pilot-pilot harus menghindari pendaratan terlalu kasar demi menghindari tenggelam akibat retakan es yang sewaktu-waktu bisa terjadi akibat tekanannya. Sea Ice Runway Airport bahkan pernah mengalami peristiwa landasan meleleh, sehingga semua jadwal penerbangan terpaksa harus dibatalkan demi keselamatan seluruh penumpang.

4. Bandara Toncontin, Honduras

Photo by Pol430 on Wikipedia

Bandara Toncontin di Honduras ini dikenal sebagai salahsatu bandara dengan tingkat bahaya cukup tinggi di dunia, pasalnya bandara ini terletak di antara lembah dan pegunungan dengan jalur landasan dan pendaratan yang hanya dibuat satu jalur saja. 

hal tersebut membuat cukup banyak kecelakaan dilaporkan dari bandara ini. Menurut data bandara ini juga pernah ditutup, dan kembali dipergunakan pada tahun 1938.

5. Bandara Internasional Kansai, Jepang

Photo by Tdk on Wikipedia

Dibangun di atas sebuah pulau buatan di Jepang, bandara Internasional Kansai menjadi salahsatu bandara paling berbahaya di dunia. Dengan panjang mencapai 2,5 mil dan lebar 1,6 mil bandara ini dikabarkan bisa tenggelam seiring dengan perubahan iklim global di dunia. hal tersebut disampaikan oelh seorang profesor dari Purdue University.  *** (SS)

SHARE