Format Musik Pengganti Mp3 Ini Diklaim Lebih Baik | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Format Musik Pengganti Mp3 Ini Diklaim Lebih Baik
Sopan Sopian | Digital Life

Format musik yang banyak digunakan kemungkinan adalah memang mp3. Karena format ini sudah ada sejak lama. Hingga akhirnya orang lebih familiar dengan format tersebut. Selain dapat diputar di komputer, format mp3 juga bisa dinikmati di ponsel atau di perangkat lain.

Photo by Oleg Sergeichik on Unsplash

Nah, bagi penikmat musik dengan format musik mp3. Anda perlu mengetahu bahwasannya format ini sudah tidak lagi memiliki hak paten. Alias sudah berakhir. Lalu dengan apa dapat menikmati musik? Tenang saja, Anda juga perlu tahu di sini, bahwa ada format pengganti yang konon lebih baik. 

Format audio mengalami perkembangan pesat beberapa tahun belakangan. Hal tersebut tidak lain karena penikmat kini banyak yang mengeluh akan kualitas suara. Lalu apa sebenarnya format pengganti mp3 tersebut? Jawabannya AAC atau Advanced Audio Coding.

Jika Anda teliti, format ini sebenarnya tidaklah baru. Karena sudah ada sejak 1997 sebagai MPEG-2 Part 7. Saat itu, AAC dikembangkan atas kerja sama dan kontribusi perusahaan seperti AT & T Bell Laboratories, Fraunhofer IIS, Dolby Laboratories, Sony Corporation dan Nokia. 

Kemudian secara resmi dinyatakan sebagai standar internasional oleh  Moving Picture Experts Group pada bulan April 1997. Ditetapkan baik sebagai Bagian 7 dari standar MPEG-2, dan Subpart 4 dalam Bagian 3 dari standar MPEG-4.

Namun, baru di sempurnakan baru-baru ini. Menurut Karlheinz Brandenburg dari Fraunhofer, perusahaat riset dari Jerman mengatakan bahwa format musik AAC ini bisa memghasilkan kualitas lebih baik daripada mp3, dengan ukuran bit rae yang sama.

Untuk itu, saat ini AAC sudah menjadi format standari yang dipakai YouTube, Nintendi DSi, Playstation 3, hingga berbagai jenis produk Apple, seperti iPhone, iPod, atau iPad. Bahan juga digunakan bagi layanan streaming seperti Spotify.

Perkembangan lebih lanjut dari AAC lahir dalam versi High Efficiency AAC serta Enhanced aacPlus. AAC dilengkapi dengan sistem berupa SBR atau Spectral Band Replication yang fungsinya untuk menjernihkan kualitas audio.

Kendati format AAC telah digunakan oleh perangkat populer saat ini. Tetapi Fraunhore mengatakan bahwa mp3 yang tak kalah banyak penggunanya juga masih bisa menggunakan hingga beberapa tahun kedepan. Karena mp3 hanya terganjal pada hak paten yang tak diperpanjang. *** (SS)

SHARE