Menakutkan! 5 Danau Paling Berbahaya & Mematikan - Male Indonesia
Menakutkan! 5 Danau Paling Berbahaya & Mematikan
MALE ID | Relax

Danau menjadi salah satu destinasi yang menyenangkan dan menyejukan ketika duduk santai-santai di tepiannya. Apalagi Sugunan yang ditampilkan masih belum terjamah banyak orang. Sehingga suasana asri masih terasa.

Namun, justru ada sejumlah danau di dunia yang terkenal menimbulkan bahaya mematikan. Beberapa hal tersebut diakibatkan oleh unsur alamiah yang terkandung seperti gas atau radiasi, dan beberapa juga disebabkan oleh ulah tangan manusia. Berikut ini adalah danau-danau yang berbahaya dan mematikan perlu Anda ketahui.

Lake of Ozarks

Photo by Kranar drogin on Wikipedia

Lake of Ozarks merupakan danau di Amerika yang digunakan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air. Meskipun begitu, ternyata danau ini juga tergolong danau yang mematikan bahkan ada yang menganggap inilah danau paling mematikan yang ada di Amerika.

Banyak orang yang mengatakan bahwa danau ini bisa membunuh manusia dengan berbagai macam cara yang tidak terduga. Polusi, tersengat listrik, atau tenggelam adalah beberapa kejadian yang sering memakan korban. Bahkan diketahui bahwa tingkat bakteri E-Coli di Lake of Ozarks juga sangat tinggi.

Boiling Lake

Photo by Mbz1 on Wikipedia

Boiling Lake atau Danau Mendidih, dari namanya saja danau ini sudah sangat mengerikan. Danau yang terletak di Pulau Karibia ini merupakan danau air panas alami terbesar kedua di dunia. Suhu air berkisar antara 82-92 derajat Celcius. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang mencari tahu berapa suhu air di tengah-tengah sumber air mendidih itu.

Monoun Lake

Photo by Accountalive on Wikipedia

Monoun lake atau danau Monoun merupakan satu danau berbahaya yang terletak di Kamerun. Pada 1984, terjadi sebuah ledakan yang menewaskan sekitar 37 orang, yang pada awalnya dianggap sebagai serangan teror.

Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan penyebab utama kematian tersebut adalah karena kelebihan pelepasan karbondioksida di lokasi ledakan. Danau ini membunuh orang-orang pada tengah malam sekitar pukul 3:00 pagi dengan ledakan gas yang mengerikan.

Orang-orang yang berada di sepanjang danau mengalami perubahan warna kulit, luka bakar dan lemas sampai mati. Danau Monoun telah menyumbat lava vulkanik, yang diduga penyebab terjadinya ledakan.

Kawah Ijen

Photo: Pixabay

Inilah danau paling asam di dunia. Kawasan perairan dengan warna toska ini memiliki suhu hingga 200 derajat Celcius di bagian bawahnya. Beberapa kali, Kawah Ijen sempat ditutup karena mengeluarkan gas beracun. Namun, terlepas dari semua ini, penduduk setempat mengumpulkan belerang di sepanjang tepi kawah tanpa memakai masker pelindung.

Lake Nyos

Photo by Kaiketsu on Wikipedia

Pada tahun 1986, danau ini meledakkan karbon dioksida ke dalam air. Kandungan air pun berubah menjadi asam karbonat. Peristiwa alam ini menewaskan ribuan orang dan hewan di sekitar danau. Hal ini dipicu karena kandungan karbon dioksida menyebabkan mereka kesulitan untuk bernapas.

Danau yang terletak di Nigeria ini pun menjadi ancaman jika ledakan bisa meruntuhkan dinding dan air mengalir bebas ke seluruh desa. Hal ini mungkin bisa menghancurkan sebagian masyarakat Nigeria. *** (SS)

SHARE