Pentingnya Personal Branding di Dunia Digital - Male Indonesia
Pentingnya Personal Branding di Dunia Digital
MALE ID | Works

Personal branding tidak hanya penting bagi perusahaan, melainkan juga bagi setiap pekerja. Apalagi di era digital, orang lain bisa menemukan data diri Anda dengan mudah.

personal branding - male indonesiapersonal branding - male Indonesiapexels.com

Membangun personal branding dapat membantu Anda menapaki karier atau mengembangkan bisnis. Tujuannya tidak lain adalah menunjukkan sejauh apa profesionalitas Anda sebagai pekerja.

Menurut Geo Fany Suharwan, Head of Business Development & Marketing PT Qareer Harapan Asia, perusahaan saat ini cenderung mulai memanfaatkan media sosial profesional seperti LinkedIn untuk mencari pelamarnya.

“Tidak menutup kemungkinan, jejaring media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram menjadi sumber informasi untuk melacak history pelamar,” kata dia.

Di samping keahlian yang dimiliki, perusahaan Geo juga menilai sikap pelamar, apakah sesuai budaya perusahaan atau tidak. Hasil pencarian ini nantinya bisa menjadi variabel pendukung perusahaan demi menentukan penerimaan seseorang.

Ditambahkan olehnya, personal branding pada masa kini harus melibatkan dunia maya. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa beberapa pekerjaan membutuhkan personal branding lebih tinggi ketimbang pekerjaan lainnya.

Cara pertama yang wajib dilakukan dalam personal branding, menurut Geo, yaitu menentukan reputasi seperti apa yang hendak dibangun. Sebagai contoh, jika Anda seorang jurnalis, semua media sosial yang dimiliki harus menggambarkan jelas bahwa Anda memanglah jurnalis.

“Berbagi ilmu atau keahlian yang dimiliki juga penting, agar bisa dimanfaatkan oleh lingkungan bisnis. Dengan demikian, perlahan-lahan kita bisa mendapat persona keahlian yang kita miliki sebagai pekerja,” ujar Geo.

Tampilan pun ternyata berpengaruh terhadap kesan yang ditunjukkan. Pastikan bahwa penampilan laman Anda profesional, mulai dari nama, konten, dan lain-lain.

Pastikan pula konten yang dimuat memang Anda kuasai dan sesuai persona yang akan disampaikan. Menggunakan keyword relevan membuat konten Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Persona yang dibangun di dunia digital harus konsisten, sehingga ketika orang lain bertemu secara langsung, mereka bisa percaya pada Anda. Bahkan Anda akan mendapat pengakuan dari industri bidang Anda bekerja secara luas.

Keuntungan lainnya dari personal branding, orang lain seperti teman atau kerabat tidak ragu merekomendasikan Anda pada sebuah pekerjaan atau bisnis yang sesuai pembentukan branding Anda.

Ditambah dunia digital memungkinkan jangkauan orang lebih luas dan biayanya lebih terjangkau. Artinya, Anda bisa mulai membangun jaringan dengan pihak lain dan menentukan branding. Cara lainnya, baca di sini. [GP]

SHARE