Prinsip Melakukan Hubungan Intim yang Aman - Male Indonesia
Prinsip Melakukan Hubungan Intim yang Aman
MALE ID | Sex & Health

Ketika membicarakan seks, yang terlintas dipikiran Anda pasti Penggunaan kondom. Meski bisa mencegah kehamilan dan penularan penyakit, seks aman tidak terbatas dengan penggunaan kondom saja. Ada banyak pertimbangan serta hal lainnya yang harus Anda sipkan sebelum melakukan seks yang aman.

Male IndonesiaPhoto by Maru Lombardo on Unsplash

Tenang aja MALEnials, berikut rinciannya agar seks dengan pasangan Anda tetap aman.

Pastikan pasangan Anda ingin berhubungan seks
Konfirmasi adalah langkah pertama dan sangat penting bila Anda memiliki pengalaman bercinta yang baik. Jika pasangan Anda sedang tidak ingin berhubungan seks, jangan dipaksa karena itu hanya akan membuat Anda cekcok dengan pasangan Anda. Pastikan pasangan Anda juga tidak dibawah pengaruh obat-obatan dan alkohol

Gunakan kondom
Kondom adalah salah satu jenis perlindungan wajib yang Anda gunakan saat mulai bercinta. Kondom merupaka satu-satunya cara efektik untuk melindungi Anda dari tertularnya penyakit seksual. Jaminan seks menggunakan kondom juga dipengaruhi oleh Anda bagaimana cara menggunakannya. Namun cara pakai kondom yang salah dapat merusak bahannya, sehingga resiko penularan penyakit dapat mengintai Anda.

Batasi seks hanya dengan satu orang dalam satu waktu
Cara seks paling aman adalah dengan tidak bergonta-ganti pasangan seks di saktu waktu. Jika Anda dan pesangan berkomitmen untuk menjalani hubungan asmara yang eksklusif, maka batasi segala aktivitas seksual hanya dengan Anda dan dirinya. Semakin sering Anda berganti-ganti pasangan dalam waktu yang berdekatan, semakin tinggi Anda tertular penyakit seksual.

Jaga kebersihan organ intim setelah melakukan seks
Ketika bercinta penis Anda pasti terpapar berbagai jenis kuman, bakteri, kotor dari berbagai hal. Seperti pelumas, mainan seks dan mulut. Namun jangan pakai sabun anti bakteri karena bahan kimia yang terkandung dalam sabun tersebut akan mengacaukan keseimbangan pH di area intim Anda. Cukup basuh alat vital anda dang anti celana dengan yang baru.

Cek dan ricek tubuh Anda
Hubungan seks tanpa kondom meningkatkan resiko Anda tertular penyakit kelamin. Sayangnya, banyak jenis penyakit seks yang tidak memberikan  gejala apapun hingga bertahun-tahun.  Walaupun begitu, ada tanda-tanda awal yang bisa Anda jadikan pertanda jika anda tertular penyakit seks. Yaitu penis yang berdarah tanpa sebab, rasa sakit atau panas saat buang air, rasa sakit saat berhubungan seks, ruam dan luka pada kulit.

Jalani tes kelamin
Lakukan pap smear jika Anda sudah berusia diatas 21 tahun dan sudah aktif secara seksual. Selain itu Anda juga bisa melakukan tes penyakit dalam secara berkala untuk mengecek status kesehatan Anda. 

SHARE