Liburan Hemat dengan Backpacking - Male Indonesia
Liburan Hemat dengan Backpacking
maleindonesia | Relax

Liburan hemat banyak didambakan setiap orang, terutama bagi mereka yang sehari-harinya sibuk dengan pekerjaan ataupun aktifitas rutin yang berpotensi menjenuhkan. Liburan memang sejatinya tak harus atau tak perlu mahal-mahal, liburan hemat dengan backpacking bisa menjadi solusi yang mujarab.

liburan hemat

Perlu dicatat, liburan hemat dengan backpacking bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan perjalanan wisata yang mengesankan dan istimewa. Banyak jalan untuk tetap menikmati liburan atau sekadar travelling walau Anda sedang mempunyai anggaran terbatas. Bagaimana bisa?

1. Tiket murah
Jangan segan mencari harga tiket transportasi yang murah. Seringkali maskapai penerbangan atau travel dan tiket agent mengeluarkan promo untuk tiket ke tujuan-tujuan tertentu dan waktu tertentu. Atau agar liburan hemat Anda menjadi lebih leluasa, rencanakanlah jauh hari dan pesan tiket juga sejak jauh hari.

2. Bawa yang perlu
Seleksilah bawaan Anda. Tidak semua barang harus di bawa, ada beberapa barang yang akrab di keseharian tapi tidak perlu disertakan saat Anda berpergian. Termasuk Anda harus menyesuaikan besaran backpack yang dibawa. Dengan begitu, liburan hemat bisa terwujud.

3. Uang secukupnya
Dalam liburan hemat dengan backpacking, sebaiknya Anda tidak membawa uang tunai terlalu banyak. Bawalah uang tunai sesuai kebutuhan. Jadikan kartu ATM sebagai andalan jika nanti sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang tunai.

4. Copy dokumen
Apabalia Anda berpergian ke destinasi dengan jarak jauh, sebaiknya bawa juga copy-an setiap dokumen penting. Dari kartu identitas, buku bank, NPWP, visa hingga tentunya paspor. Hal ini akan mempermudah proses pelaporan jika terjadi apa-apa ataupun kehilangan. Sekarang juga dipermudah dengan keberadaan teknologi digital, dimana Anda bisa menyimpan copy-an dalam bentuk digital di cloud.

5. Reservasi tempat menginap
Segeralah melakukan reservasi di tempat-tempat penginpan yang sesuai dengan anggaran Anda. Manfaatkan penawaran diskon atau voucher yang biasanya banyak dilakukan oleh hotel-hotel. Kemudahan booking lewat jalur online menjadi sangat mendukung dalam rangka liburan hemat. Dan sebisa mungkin carilah penginapan yang dilengkapi dapur, agar Anda pun bisa menghemat biaya makan.

6. Membawa snack
Dalam menjalankan liburan hemat, ketersediaan snack atau makanan ringan akan sangat membantu. Terutama untuk skadar menghilangkan lapar ringan saat di perjalanan. Dengan adanya snack, uang saku yang sudah Anda anggarkan juga menjadi hemat.

7. Berjalan
Biasakan dalam rangka liburan hemat untuk berjalan. Gunakan panduan wisata yang tersedia di toko-toko buku atau dengan fasilitas yang ada di aplikasi gadget Anda. Lalu untuk jarak perjalanan jauh, gunakanlah kendaraan bus atau kereta yang relatif biayanya lebih terjanglau daripada Anda kemana-mana menggunakan taksi.

8. Tetap terhubung
Dengan adanya internet, usahakan Anda tetap terhubung. Baik dengan keluarga, teman ataupun kolega. Biarkan mereka tahu keberadaan Anda, sehingga sewaktu-waktu saat dalam kondisi tidak diinginkan, mereka juga cepat mengetahuinya.**MALE

SHARE