Solusi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Solusi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi
Sopan Sopian | Sex & Health

Pernahkah Anda merasa jantung berdebar setelah minum kopi? Jika iya, berarti jantung Anda mengalami sensasi. Hal ini diungkap National Institutes of Health, di mana mendefinisikan jantung berdebar-debar atau palpitasi jantung sebagai sensasi detak jantung yang berlangsung lebih cepat dari biasanya.

Photo by Jacob Rank on Unsplash

Kopi merupakan suatu stimulan karena mengandung kafein yang dapat membuat Anda lebih bersemangat, tidak mengantuk, dan meningkatkan fungsi otak serta tubuh Anda di pagi hari. Seperti halnya semua stimulan, kafein dapat mempengaruhi jantung, otak, dan otot-otot tubuh Anda. 

Mengkonsumsi terlalu banyak kopi atau mengkonsumsi kopi pada waktu yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah jantung terasa berdebar-debar akibat peningkatan denyut jantung.

Setiap orang bereaksi terhadap kafein dengan cara yang berbeda. Beberapa orang tidak mengalami gejala apapun ketika mengonsumsi kafein, tetapi tidak sedikit orang yang mengalami efek samping setelah mengonsumsi kafein.

Kondisi ini bisa bergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak Anda biasa mengonsumsi kafein. Jika Anda tidak terbiasa meminum kopi, maka Anda cenderung mengalami palpitasi jantung. Atau mungkin tubuh Anda memang lebih sensitif terhadap kafein yang memicu reaksi jantung berdebar setelah minum kopi.

American Heart Association mengatakan, meski jantung Anda memiliki ritme yang teratur, tapi rangsangan saraf bisa mengubah ritme tersebut. Walaupun sebagian besar kasus tidak berbahaya, akan tetapi bila hal ini terjadi berulang kali, maka Anda mungkin harus memeriksakan keadaan jantung Anda pada dokter.

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi
Selain kafein, menurut ahli kesehatan, Dr Michael Roizen dari Klinik Cleveland, jika jantung berdebar-debar dan sakit kepala usai minum kopi, maka metabolisme harus disalahkan. "Jika Anda minum secangkir kopi, dalam waktu satu jam setelahnya tidak merasakan sakit kepala, detak jantung tetap normal, tidak cemas, lambung aman, maka metabolisme berjalan cepat," ujarnya.

Jadi, jika Anda termasuk orang-orang yang bereaksi buruk ketika minum secangkir kopi, maka kemungkinnan memiliki metabolisme yang lambat. Karena itu, Dr Michael tidak menyarankan untuk tidak minum kopi sama sekali, karena memiliki manfaat kesehatan juga. Namun bagi Anda yang membandel, mungkin cara ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi.

1. Rileks
Cara menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba untuk rileks, dan hal ini merupakan salah satu cara termudah untuk dilakukan. Caranya hanya perlu berdiam diri hingga beberapa saat selama 5 hingga 10 menit dan bisa Anda lanjutkan hingga detak jantung kembali normal.

2. Menghentikan Konsumsi Kopi Saat itu Juga
Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk menghentikan jantung berdebar adalah dengan menghentikan konsumsi kopi saat itu juga, di mana jantung berdebar ini biasanya timbul karena Anda mengonsumsi kafein dalam dosis yang tinggi. Menurut berbagai penelitian, dosis yang aman dalam mengonsumsi kopi tiap harinya adalah 400 miligram kafein atau setara dengan dua cangkir kopi.

3. Minum Air Putih yang Banyak
Cara menghilangkan jantung berdebar setelah minum kopi terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi banyak air putih, di mana banyak penelitian menyebutkan jika mengonsumsi air dalam kuantitas yang banyak dapat mengembalikan detak jantung dalam kondisi yang normal.

Sebaiknya Anda juga mengonsumsi air putih hangat dalam kasus ini. Karena air putih hangat berfungsi untuk membuat otot-otot pada saluran pencernaan semakin rileks juga memudahkan Anda dalam bernafas. Perlahan namun pasti, cara yang satu ini sangatlah efektif untuk membantu tubuh kembali segar dan sehat seperti sebelumnya. *** (SS)
 

SHARE