Dikenal Ekstrem, Olahraga Ini Banyak Manfaatnya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Dikenal Ekstrem, Olahraga Ini Banyak Manfaatnya
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Olahraga parkour memang termasuk ke dalam kategori olahraga ekstrem. Tidak banyak pria yang berani untuk ‘menantang maut’ meloncati berbagai macam medan, seperti gedung bertingkat. Mungkin membayangkannya saja sudah ngeri.

thor/flickr

Tapi di balik itu semua, banyak traceurs (sebutan bagi pria yang menekuni parkour) melakukannya karena besar manfaatnya. Kira-kira apa manfaat dari olahraga parkour? Baca ulasan berikut MALEnials.

Melawan rasa takut

Butuh keberanian lebih untuk mencoba atau berlatih parkour. Maka dari itu, olahraga ini bermanfaat buat Anda agar melawan rasa takut.

Sebagai pria, singkirkan ketakutan akan ketinggian. Begitu Anda sudah mencobanya sekali, dijamin Anda bakal ketagihan.

Semangat terhadap sesuatu yang baru

Sewaktu pertama kali mencoba olahraga parkour, pasti terasa sulit. Pendaratan tidak sempurna, dan akhirnya Anda jatuh. Tapi semakin rajin berlatih, Anda akan semakin lancar dalam melompat dan menentukan titik pendaratan.

Rasa penasaran Anda juga kian bertambah demi melewati segala halang rintang di depan Anda. Dan itulah salah satu manfaat parkour, yaitu menimbulkan semangat membara terhadap sesuatu yang baru.

Bukan hanya mudah terjatuh, Anda pun mudah bangkit. Tandanya, Anda tidak mudah menyerah pada kegagalan.

Memacu adrenalin

Manfaat parkour selanjutnya adalah menjadikan Anda sebagai pria tangguh. Mengapa demikian? Anda bakal merasakan sensasi yang berbeda dari setiap lompatan.

Medan lompatan yang semakin tinggi akan memacu adrenalin. Itu berarti, Anda lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Melatih kreativitas secara bebas

Di olahraga parkour, Anda juga bisa memadukan satu gerakan dengan yang lainnya. Atau bahkan membuat gerakan-gerakan baru. Kreativitas Anda dilatih sedemikian rupa, sehingga Anda pun terpacu untuk lebih kreatif pada hal lain.

Selain itu, Anda akan merasakan kebebasan luar biasa. Lepas dari penatnya rutinitas harian yang dijalani.

Pada dasarnya, parkour bisa diartikan sebagai gerakan berpindah dari titik A ke titik B seefisien mungkin menggunakan kemampuan tubuh Anda.

Banyak latihan bisa dicoba, khususnya buat Anda yang tinggal di kota metropolitan. Mulai dari berlari di jalanan kota, melompat, berguling, memanjat bangunan, serta melewati rintangan.

Satu lagi. Parkour tidak membutuhkan modal besar. Cukup sepasang sepatu yang dapat menunjang latihan Anda. Hidup sehat gak harus banyak biaya, kan? [GP]

SHARE