Penyebab Kantor Jadi Lokasi yang Rentan Cinlok | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Penyebab Kantor Jadi Lokasi yang Rentan Cinlok
Sopan Sopian | Works

Menemukan pasangan di lingkungan kerja atau cinta lokasi (Cinlok)  bisa dikatakan sebagai hal lucu dan menyenangkan. Mengapa tidak, dibalik profesionalitas Anda sebagai karyawan, ternyata menumbuhkan perasaan lain yang lebih intim. 

Photo by Mimi Thian on Unsplash

Dilansir dari Independen.co.uk, sekitar 17% orang bahkan memiliki pasangan hidup di tempat kerja yang bisa saling bertukar ide, berbicara tentang keluhan pekerjaan hingga sama-sama merasa nyaman. 

Namun, romantisme di kantor bisa super rumit dan intens setengah mati, belum lagi tidak sedikit perusahaan yang secara tertulis melarang perilisan hormon cinta, dopamine dan norepinephrine secara aktif di sekitar area kerja tanpa ada pengecualian. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi?

1. Intensitas Pertemuan yang Tinggi
Menurut penelitian totaljobs, 22% orang bertemu pasangan romantis mereka di tempat kerja. Sementara itu, 13% pertemuan online, 18% bertemu melalui teman, dan 10% bertemu secara tiba-tiba di malam hari.

Artinya, intensitas tinggi berpengaruh dalam proses timbulnya perasaan terhadap rekan kerja di bandingkan dengan aplikasi kencan. Karen bekerja dengan seseorang setiap hari, Anda akan melihat respons mereka dalam menangani berbagai hal. 

Mulai dari bagaimana cara dia menghadapi masalah, bertindak dalam tekanan, dan berinteraksi dengan rekan lainnya. Akibat dari peahaman itulah, Anda bisa saja menaruh simpati dan berujung jatuh cinta.

2. Persamaan Pengalaman
Berada dalam satu kantor, apalagi satu divisi, seringkali akan menciptakan pengalaman yang sama bagi orang-orang di dalamnya. Perkara-perkara internal di kantor pun bisa jadi bahan diskusi sambil menghabiskan waktu makan di luar bersama.

Jika seseorang menemukan persamaan atau ketertarikan dengan seseorang, maka dia akan selalu ingin menghabiskan banyak waktu bersama. Karena itulah, sangat masuk akal jika hubungan profesional akan beralih menjadi relasi romantis.

3. Lingkaran Pertemanan
Kedekatan seseorang dengan rekan kerja akan semakin terpupuk karena memiliki lingkaran pertemanan serupa. Ketika Anda nongkrong bersama teman-teman, otomatis dia pun ada di dalamnya. Secara otomatis, Anda dan si dia pun akan mengenal lebih dekat dan menciptakan ketertarikan.

Bahkan Gregory L. Jantz, Ph.D, seorang ahli kesehatan mental mengatakan bahwa ketika pikiran sadar tidak mengakui koneksi ketertarikan, terkadang alam bahwa sadar akan melakukannya. Satu atau kedua belah pihak akan tiba-tiba melihat pihak lain dari sudut pandang seksual. *** (SS)


 

SHARE