Wilayah Amerika yang Kelak Dipenuhi Robot - Male Indonesia
Wilayah Amerika yang Kelak Dipenuhi Robot
MALE ID | Digital Life

Karena tingkat kemajuan teknologi, otomasi adalah tren teknologi yang akan berdampak pada berbagai sektor kehidupan, begitu juga ekonomi abad ini. Menurut The Guardian, 38% pekerja AS bisa kehilangan lapangan kerja akibat dari otomatisasi dalam 15 tahun ke depan.

Photo by Lukas on Unsplash

Selain itu, The Janesville Gazette juga melaporkan bahwa bahwa 72% mereka yang telah mendapatkan pekerjaan selama ini khawatir tentang masa depan di mana robot dan komputer dapat melakukan pekerjaan manusia.

Smart Asset, perusahaan teknologi keuangan yang memberikan saran online tentang keputusan keuangan pribadi, baru-baru ini merilis sebuah penelitian yang menghitung negara-negara mana saja yang memiliki pekerjaan paling rentan terhadap otomatisasi atau bisa dilakukan oleh robot.

1. Alabama
Smart Asset memperkirakan hanya di bawah 55% pekerjaan di Alabama bisa otomatis atau dikerjakan oleh robot. Mereka yang akan diotomatisasi termasuk pabrik perakitan kendaraan bermotor, seperti Mercedes-Benz, Honda, dan Toyota. Semua pabrik ini berada di Cotton State.

2. Texas
Menurut Smart Assete, Texas memiliki pekerja terbanyak kedua di Amerika Serikat, dan kebanyakan dari pekerja itu berasal dari pekerja cepat saji. Beberapa waralaba McDonald's telah bereksperimen dengan kios pemesanan sendiri.

3. Florida
Smart Asset memperkirakan 4,6 juta dari sekitar 8,4 juta pekerjaan di Florida menghadapi ancaman otomatisasi. Ini termasuk penjual ritel, yang mungkin tidak diperlukan jika mesin checkout mandiri berlipat ganda di negara tersebut.

4. Mississippi
Penelitian menemukan bahwa Mississippi memiliki sejumlah besar pekerja tangan atau manual, pekerjaan  itu mencakup pekerja pengiriman dan penyortir kotak-pabrik. Pekerjaan ini secara langsung terancam oleh robot menggantikan manusia.

5. South Carolina
Smart Asset juga memperkirakan lebih dari 1,1 juta pekerjaan beresiko otomatisasi di Negara Palmetto, termasuk yang bekerja di jalur perakitan di pabrik.

6. Montana
Menurut Smart Asset, Montana mempekerjakan sejumlah besar penjual ritel dan panitera kantor umum, pekerjaan yang menghadapi risiko 90% menjadi otomatis ini juga mengalami kekhawatiran akan serbuan inovasi robot.

7. Louisiana
Dalam penelitan Smart Asset, ada 70.510 kasir di Louisiana yang memiliki peluang 97% menjadi pengangguran karena otomatis di masa depan. Mereka yang berbelanja di CVS sudah dapat menemukan mesin self-checkout otomatis, yang menandakan tren ini berkembang di sana.

8. Wyoming
56,4% pekerjaan di Wyoming beresiko otomatisasi juga dalam penelitian Smart Asset, pasalnya mereka yang berada dalam pekerjaan operator peralatan konstruksi dan pengemudi truk adalah pekerjaan yang paling terancam. Sebanyak 8,900 pekerja siap-siap kehilangan pekerjaannya.

9. South Dakota
Smart Asset memperkirakan bahwa lebih dari 58% pekerjaan di South Dakota beresiko otomatisasi. Pekerjaan potensial justru masuk dalam otomatisasi ini, seperti ritel yang memang mendominasi pekerjaan di sana.

10. Nevada
Dengan ritel dan permainan di antara industri papan atas di negara bagian ini, SmartAsset memperkirakan hampir tiga dari lima pekerjaan (766.100 dari 1.295.000) di Nevada beresiko otomatisasi.

Nah, itulah negara-negara bagian yang diperkirakan mendapatkan serbuan dari robot atau otomatisasi. Kehadiran robot ternyata tidak hanya mempermudah pekerjaan. Namun juga bisa mengancam keberlangsungan manusia dalam bekerja. Bagaimana menurut Anda? *** (SS)

SHARE