Tak Sanggup! Petarung UFC yang Kembali ke WWE | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tak Sanggup! Petarung UFC yang Kembali ke WWE
Sopan Sopian | Sport & Hobby

UFC (Ultimate Fighting Championship) adalah olahraga jenis Mixed Martial Arts atau MMA, atau juga olahraga campuran. Menarik garis awal jenis olahraga ini, MMA atau UFC sebenarnya telah dilakukan sejak zaman Yunani Kuno. 

Photo by Perplexing on Wikipedia

Pada era modern, kepopuleran MMA melejit ketika berbagai organisasi dan ajang promosi MMA global mulai bermunculan di seluruh dunia. UFC diciptakan SEG pada 1993 sebagai ajang untuk menguji ilmu bela diri yang paling mematikan. 

Mereka terinspirasi oleh keluarga Gracie dari Brasil yang terkenal sebagai ahli Ju-Jitsu dan acap kali mengalahkan para jagoan dari cabang bela diri lain, seperti Judo, Karate, atau Taekwondo. 

SEG merasa konsep seperti itu cukup kuat untuk menjadi sensasi baru di televisi. Mereka lalu menggandeng orang-orang terkenal di dunia hiburan dan menawarkan suatu konsep tarung yang baru, bahkan dengan bentuk ring yang jauh dari kata konvensional.

Melabeli diri sebagai ajang yang tak memiliki aturan, bahkan tak ada pembedaan kelas berdasarkan berat badan, dengan cepat UFC mendapatkan label ajang paling brutal di dunia. Akan tetapi, konsep acara ini tak benar-benar mendapat perhatian di mata Amerika karena dianggap terlalu serius dan kurang unsur menghibur. 

Tak ayal SEG pun melepas ciptaan mereka ke tangan Feritta bersaudara. Lorenzo Fertitta mengatakan bahwa keputusannya membeli UFC didasarkan pada kombinasi bisnis dan juga kesukaan akan olahraga. Benar saja, olahraga ini tumbuh besar dari Las Vegas. 

Petarung WWE dari UFC
Setelah pertarungannya viral, pemegang sabuk juara kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov mengakui bahwa dirinya mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan WWE. Adanya tawaran dari WWE kepada Khabib diungkapkan The Eagles lewat akun Twitter miliknya @TeamKhabib pada Jumat kemarin (12/10/2018) lalu.

"WWE mengajakku untuk bergabung. Gimana nih menurut kalian?" tulis Khabib Nurmagomedov lewat akun Twtter-nya. Jika itu terjadi tidak lain Khabib menjadi atlet olahraga campuran berikutnya yang masuk dalam aksi WWE. Siapa saja mereka?

Matthew Riddle

Photo by ZekeDane on Wikipedia

Riddle sempat ikut ambil bagian dalam UFC selama 5 tahun, tepatnya pada tahun 2008 hingga 2013, dan pernah bergabung dengan Bellator MMA pada tahun 2013 lalu. Usai lepas dari Bellator MMA, Riddle sempat menjadi pegulat independent circuit selama kurun waktu empat tahun, sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan WWE NXT pada akhir Juli kemarin.

Ken Shamrock

Photo by Charlesy on Wikipedia

Petarung asal Amerika Serikat yang pernah memenangkan gelar UFC Superfight Championship ini memutuskan untuk meninggalkan arena Octagon untuk menjajal kerasnya bergulat di dalam ring WWF pada tahun 1997.

Karier Shamrock di WWF pun terbilang sukses karena dirinya berhasil memenangkan beberapa gelar di kompetisi tersebut, seperti WWE Intercontinental Championship dan Tag Team. Shamrock pun akhirnya memutuskan untuk melakukan comeback di UFC pada tahun 2002, namun sayang nasib tidak secemerlang dulu karena hanya mampu meraih 1 kemenangan dari 4 pertandingan.

Brock Lesnar

Photo by TheBellaTwins1445 on Wikipedia

Pegulat yang satu ini sebenarnya memulai karier gulatnya di ajang WWF (sekarang WWE) seusai dirinya menyelesaikan karier gulat amatirnya di Universitas Minnesota.

Akhirnya Brock Lesnar memutuskan untuk gabung dengan UFC pada tahun 2008. Kariernya di UFC pun tidak berjalan dengan mudah. Brock langsung menyerah pada debut pertamanya setelah gagal melepaskan diri dari kuncian yang dilakukan Frank Mir.

The Beast pun sempat meraih kejayaan di UFC dengan meraih sabuk juara kelas berat, tapi pada tahun 2011 Lesnar pun memutuskan untuk kembali ke kompetisi WWE dan meraih banyak gelar di sana. *** (SS)

SHARE