AI Terbaik Dipersiapkan Samsung di Kanada | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
AI Terbaik Dipersiapkan Samsung di Kanada
Gading Perkasa | Digital Life

Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan artificial intelligence (AI) kini sedang menjadi sorotan. Berbagai perusahaan besar maupun startup mulai mengembangkan AI terbaik. Harapannya, agar teknologi dapat membantu manusia di masa depan.

kecerdasan buatan - Male IndonesiaPhoto by Franck V. on Unsplash

Saat ini, boleh dibilang jika Google memiliki kecerdasan buatan yang sangat canggih di beberapa bidang sekaligus, termasuk asisten digital pribadi mereka, yakni Google Assistant. Namun, hal itu tak menyurutkan perusahaan teknologi lain yang berusaha menyalip mereka, salah satunya Samsung.

Langkah raksasa teknologi asal Korea Selatan itu adalah membangun sebuah pusat penelitian AI raksasa. Mereka pun memilih membangun pusatnya di Montreal, Kanada, sebagai markas pengembangan kecerdasan buatan mereka.

Ini bukan pertama kalinya Samsung membangun pusat penelitian di Kanada. Sebelumnya, mereka telah membangun pusat penelitian lain yang berlokasi di Toronto.

Pengambilan lokasi di Montreal pun bukan tanpa sebab. Seperti dilansir dari Phone Arena, Samsung melihat lokasi ini sangat dekat dengan Universitas Montreal dan McGill University, dua lembaga yang dikenal karena keahliannya pada pembelajaran mendalam serta interaksi manusia dan robot.

Salah satu prioritas utama Samsung yaitu meningkatkan kemampuan asisten kecerdasan buatan mereka, Bixby, agar bisa bersaing dengan Google Assistant.

Cho Seung-Hwan, Wakil Presiden Samsung Research, menyampaikan tanggapannya terkait apa yang diperoleh perusahaan melalui peningkatan investasi di AI.

“Dengan memanfaatkan kekuatan AI dalam produk dan layanan Samsung, kami harus fokus pada penciptaan nilai-nilai baru, tidak pernah dilihat atau dialami sebelumnya,” tutur Seung-Hwan. 

“Untuk melakukan ini, tujuh pusat AI global, termasuk Pusat di Montreal, akan memainkan peran penting,” tuturnya lagi.

Sejauh ini, Samsung sudah memiliki lima lokasi lain dalam mengembangkan AI. Lokasi-lokasi tersebut di antaranya Seoul (Korea Selatan), Silicon Valley (Amerika), New York (Amerika), Cambridge (Inggris), dan Moskow (Rusia).

Samsung juga berencana merekrut sebanyak 1.000 ilmuwan AI pada tahun 2020. Lewat langkah ini, mereka berharap 40 % dari total yang mereka rekrut akan bekerja untuk mengembangkan kecerdasan buatan di luar Korea Selatan. [GP]

SHARE