Tangguh & Kaya Fitur dari Motor Adventure Benelli | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tangguh & Kaya Fitur dari Motor Adventure Benelli
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Pasar motor adventure berkapasitas mesin sedang kian ramai. Setelah pertarungan Kawasaki Versys 250 dan Honda CRF250 Rally, kini hadir Benelli TRK 251, yang baru saja diluncurkan secara global di Bali. Seperti apa spesifikasi motor ini?

benelli.com

Tampilan Benelli TRK 251 mengadopsi motor adventure berkapasitas mesin besar. Utamanya dari aplikasi fairing yang menjorok ke depan, menyerupai front fender. Pendekatan ini dilakukan oleh BMW R1200GS.

Lampunya berlensa ganda dengan bentuk unik. Pembagian fungsi lampu dekat dan jauh di masing-masing lampu. Lampu sein berposisi vertikal, melekat pada sayap bodi.

Dibangun di atas sasis teralis berbahan baja, geometri Benelli TRK 251 dirancang sedemikian rupa bermodel busur agar mampu memberikan tampilan khas motor penjelajah.

Sasis teralis memang kerap diandalkan sejumlah motor adventure lantaran potensinya menjadikan motor tetap lincah dan stabil ketika menerjang medan terjal.

Salah satu yang keren dari Benelli TRK 251, ada di kaki depan. Pihak pabrikan membekali upside down. Tentunya fungsi shockbreaker jenis ini tak perlu diragukan lagi. Sistem pengereman menggunakan 4 kaliper dengan piringan gelombang dan ABS.

Sedangkan bagian belakang menggunakan monoshock yang bisa diatur preload-nya untuk menyesuaikan kondisi perjalanan.

Mesin yang disematkan 249 cc, single cylinder, DOHC, 4-valve berpendingin cairan. Berbasis dari mesin yang sukses digunakan oleh TNT 250, pihak Benelli mengimprovisasi ECU, sistem injeksi, intake, dan knalpot. Mereka mengklaim, mesin TRK 251 adalah mesin generasi baru.

Tujuannya, menghadirkan karakter performa yang cocok untuk kebutuhan adventure. Torsi maksimal sekitar 21 Nm dan puncak tenaga sebesar 26,8 HP. Didukung oleh transmisi manual 6-speed dan tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter.

Jika MALEnials mencari motor adventure yang kaya akan fitur, maka Benelli TRK 251 bisa menjawabnya. Fitur yang tersedia sebagai standar antara lain velg alloy, panel indikator full digital, lampu proyektor, dan DRL dengan sistem LED.

Di tanah air, harga Benelli TRK 251 tak jauh beda dari Cina yang membanderolnya seharga 19.800 - 22.600 yuan atau sekitar Rp 29-43 jutaan. Didiukung pula oleh perakitan lokal PT Benelli Motor Indonesia, untuk membuat harga lebih kompetitif. [GP]

SHARE