Bohemian Rhapsody, Karya Jenius Freddie Mercury - Male Indonesia
Bohemian Rhapsody, Karya Jenius Freddie Mercury
MALE ID | News

Freddie Mercury memang telah lama tiada. Namun sampai saat ini, karya eksperimen miliknya masih tetap hidup, dengar saja We Are The Champion, Don’t Stop Me Now, Killer Queen, Crazy Little Thing Called Love, Somebody to Love, dan pastinya, Bohemian Rhapsody yang sangat menakjubkan.

Wallpaper Wiki

Khusus lagu ciptaan Freddie Mercury berjudul Bohemian Rhapsody, saat ini masih terasa ‘abu-abu’, terutama mengenai makna di baliknya. Ia sengaja merahasiakan makna lagu tersebut, dan pengamat musik yang pernah mencoba memecahkannya menemui jalan buntu.

Sampai-sampai, muncul opini beredar bahwa Bohemian Rhapsody menceritakan ekspresi traumatis dari Freddie Mercury yang diluapkan ke dalam lagu. Di samping itu juga ada yang beranggapan kalau lagu tersebut bercerita tentang hubungan umum antar sesama manusia.

Banyaknya kabar yang menyeruak ke permukaan tak membuat Freddie mengungkap makna di balik lagunya, hanya saja ia sempat mengatakan jika lagu itu adalah kumpulan kata-kata tanpa arti.

Bukan cuma lirik nyeleneh, kejeniusan Freddie Mercury menciptakan lagu yang identik dengan musik rock dan klasik ini terlihat dari penyatuan enam bagian, mulai dari intro, ballad, gitar solo, opera, hard rock, dan outro.

Perubahan pada style, tempo dan nada secara tiba-tiba juga menjadi sangat tidak umum dalam ranah musik rock.

Namun secara umum, lagu-lagu yang ia tulis banyak terinspirasi oleh mantan kekasihnya, Mary Austin. Termasuk lagu Love of My Life, kisahnya bersama Mary yang akhirnya menjadi sahabat dan menemani saat ia sakit sampai menghembuskan napas terakhir.

Di balik bakatnya menulis dan mengolah lagu, Freddie memiliki kekuatan utama pada olah vokal yang sangat mumpuni dan berkarakter.

Selain memiliki ciri suara bariton dengan range vokal empat sampai lima oktaf, ia juga mampu menggunakan teknik vokal falsetto lembut sampai ke wilayah tinggi. Padahal, ia bermain di ranah musik rock yang biasanya membutuhkan teknik vokal yang lebih padat.

Ya, memang sudah diakui bahwa Freddie memang penulis lagu dan penyanyi yang memiliki suara vokal lentur dan beberapa kali dinobatkan sebagai vokalis terbaik sepanjang masa.

Kontribusinya terhadap musik rock sangat besar, rasa takjub masih menyelimuti apabila kita kembali mendengar lagu-lagunya yang saat ini masih menginspirasi berbagai penyanyi lintas genre.

Para pakar menilai, belum ada musisi --khususnya di ranah musik rock-- yang sanggup menyamai atau bahkan menandingi seorang ikon rock abad ke-20 bernama Freddie Mercury. [GP]

SHARE