Kelezatan Otentik dari Kuliner khas Argentina - Male Indonesia
Kelezatan Otentik dari Kuliner khas Argentina
MALE ID | Relax

Jika mengunjungi negeri Argentina, apa yang pertama kali Anda lakukan? Menonton pertandingan sepak bola, mendatangi bangunan-bangunan bersejarah, atau menggoda wanita setempat?

Semuanya boleh dilakukan, tapi sebaiknya MALEnials mencicipi kulinernya terlebih dahulu. Meski tidak ada bayangan seperti apa makanannya, ketahuilah bahwa beberapa menu di negeri Argentina mengadopsi budaya memasak yang familier di tanah air.

Pada umumnya, hidangan di negerinya Diego Maradona itu didominasi oleh bahan dari wilayah Andean dan Patagonia. Bentuk makanannya pun menyerupai makanan Indonesia. Nah, kalau berencana ke sana, lima sajian kuliner ini wajib Anda cicipi.

Milanesa

wikimedia commons

Hidangan Argentina pertama adalah milanesa, yang mendapat pengaruh dari Italia. Milanesa disebut juga sebagai escalope, berisi sepotong daging sapi atau dada ayam. Dagingnya dipisahkan dengan tulang, lalu dipotong tipis.

Setelahnya, daging ini dilumuri remah roti, lantas digoreng atau dipanggang. Di bagian atasnya diberi tambahan berupa telur goreng, keju, saus tomat, dan terkadang ham. Sangat pas bila disantap bersama kentang goreng dan salad.

Empanadas

Pixabay

Empanadas tergolong sebagai makanan favorit di negeri Argentina. Bentuknya mirip kantung-kantung. Bagian permukaan dipilin menyerupai kue pastel atau panada.

Ada dua cara mengolah empanadas, yaitu dipanggang dan digoreng. Isinya pun bisa berupa sayur atau daging, sesuai selera.

Biasanya, penduduk lokal memilih isian berupa ayam, keju, ham, jagung manis, caprese atau keju biru. Terakhir dicampur daging sapi yang dicincang.

Provoleta

Javier Lastras/flickr

Provoleta adalah keju bertekstur lembut dan berbentuk bulat. Sejatinya, makanan ini berbahan dasar keju. Provoleta dicampur susu sapi yang dipanggang dalam wajan berukuran khusus. Teksturnya akan mengental dan asam setelah matang.

Choripan

Miriam Ramos/flickr

Choripan biasanya disajikan sebagai hidangan untuk barbeque. Bentuknya mirip hot dog yang berisi chorizo di dalamnya. Para koki di sana menggunakan bahan dasar daging atau sosis babi. Banyak turis yang menggemari choripan sebagai camilan selama perjalanan.

Sebelum menyantapnya, Anda bisa menambahkan saus pedas yang dibuat dari oregano, peterseli, bawang putih, serpih cabe, dan cuka anggur merah. Bisa juga dicampur cicolla salsa, tomat, bawang merah, dan paprika merah.

Asado

Max Besser Jirkal/flickr

Daging sapi begitu menggoda di Argentina. Salah satu hasil olahan yang terkenal adalah asado. Asado seperti barbeque, namun punya cita rasa otentik. Cara memasaknya mengacu pada gaya tradisional, salah satunya yaitu dipanggang. [GP]

SHARE