Pulau Fraser, Indah Tapi Paling Mematikan di Dunia - Male Indonesia
Pulau Fraser, Indah Tapi Paling Mematikan di Dunia
MALE ID | Relax

Fraser Island atau Pulau Fraser adalah salah satu pulau terunik di dunia. Karena menjadi pulau pasir terbesar di dunia. Pulau ini terletak di lepas pantai tenggara Queensland, Australia.

Photo by Sensenmann on Wikipedia

Pulau unik ini terletak di timur Australia sekitar 200 kilometer utara kota Brisbane, di negara bagian Queensland. Membentang sejauh 175 km dari utara ke selatan. Tak ada tanah di pulau ini. Hanya ada hamparan pasir yang melingkupi wilayah seluas 123 km persegi.

Pantai di Pulau Fraser sangat indah. Hamparan pasir putih mengelilingi pulau. Air lautnya sangat jernih. Selain pantai, pulau Fraser juga memiliki hutan alami yang cukup lebat. Hutan ini tumbuh di bagian tengah pulau. Di dalam hutan, ada sekira 100 danau berair jernih. Bukit tertingginya mencapai 240 meter dari permukaan laut. Fraser adalah tempat yang sempurna untuk menggila di alam.

Kendati memiliki keindahan, tetapi Pulau Fraser ini  menjadi pulau berbhaya nomor satu di dunia. Dilansir dari The Culture Trip, meski sudah dihuni manusia sejak 5 ribu tahun lalu, rupanya pulau ini menyimpan banyak hal yang membuat ngeri. Bahkan sebaiknya dihindari bila tetap ingin hidup.

Photo by Rhain on Wikipedia

Pulau Fraser menjadi basecamp bagi hiu putih dan dingo. Dingo merupakan anjing liar asli Australia yang sering bertingkah layaknya predator yang berbahaya bagi manusia. Sementara hiu putih banyak ditemukan di sekitaran pantai. Tak hanya itu, tercatat beberapa kali di sini ditemukan ular besar, kemudian laba-laba We Corong.

Tak hanya itu, Pulau Fraser juga menjadi rumah bagi ubur-ubur menyengat, yaitu Irukandji dan Blue Bottles. Dan apabila disengat harus dengan bantuan medis, sementara di pulau tidak ada dokter yang berjaga. ulau Fraser juga tidak dilengkapi penjaga yang berpatroli dan bendera atau penanda peringatan. Kemudian lautnya juga memiliki ombak yang kasar.

Dilansir dari News Mail, melihat hal ini maka pengunjung diperingatkan untuk tidak berenang di sisi barat pulau setelah beberapa insiden terjadi. Bahkan, peringatan tentang bahaya Pulau Fraser dikeluarkan oleh Departemen Lingkungan dan Sains pada April 2018 lalu.

Photo by SkareMedia on Wikipedia

Jika Anda penasaran, Anda dapat menumpang feri dan menempuh perjalanan selama 50 menit menuju Fraser Island dari Sydney, Melbourne, dan Brisbane. Untuk akses 4WD menuju Fraser Island, jejakkan kaki di Inskip Point di ujung utara Rainbow Beach (1 jam 40 menit ke selatan Hervey Bay) atau dari River Heads (20 menit ke selatan Hervey Bay). Tapi Anda harus ingat, karena berbahaya lebih baik meminta izin dahulu dengan pihak setempat. *** (SS)

SHARE