Pentingnya Pria Merawat Area Organ Intimnya - Male Indonesia
Pentingnya Pria Merawat Area Organ Intimnya
Sopan Sopian | Sex & Health

Sudah tak asing lagi, jika umumnya pria kurang perhatian soal merawat kulit di bandingkan wanita, baik itu are wajah ataupun tubuh. Bahkan buah zakar itu sendiri. Sehingga jarang pria menggunakan pelembap untuk merawat kulitnya sendiri.

area intim - male Indonesiapexels.com

Kalau pun digunakan, paling banter pria hanya mengunakan pelembap di daerah tertentu, misalnya telapak tangan, agar halus saat berjabat tangan. Lalu perlukan merawat kulit organ intim bagi pria, khususnya dengan menggunakan pelembap?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melihat dan pahami kondisi kulit buah zakar terlebih dahulu. Sensitif atau tidak? Jika sensitif, tentu harus konsultasi terlebih dahulu ke dokter dan tidak disarankan menggunakan sembarang pelembap, karena khawatir bermasalah.

Sebab, lapisan kulit luar pada buah zakar punya fungsi penting. Yakni melindungi testis dari faktor eksternal seperti aktivitas fisik, seksual, grooming (bercukur) hingga kebersihan pakaian dalam dan celana yang dikenakan. Jika kulit kehilangan kelembapan, terlebih saat cuaca dingin, maka bisa menyebabkan kekeringan, alergi, gatal hingga mengelupas.

Parahnya lagi, ketika itu terjadi maka kuman, bakteri bahkan virus berbahaya mudah hinggap dan berisiko menimbulkan penyakit kelamin. Karena itu, penting untuk menjaga kelembapan kulit Mr.P dan buah zakar.

"Ada persepsi salah di antara beberapa pasien bahwa Pria tidak memerlukan perawatan kulit yang sama seperti wanita. Padahal kulit kelamin Pria sama sensitif dan berisiko akan penyakit kulit dan kelamin seperti Wanita," papar Dr. Joshua Zeichner, Director of Cosmetic and Clinical Research di Mount Sinai Hospital's Department of Dermatology, seperti dikutip Menshealth.

Karena itu, mengoles pelembap pada buah zakar dianggap perlu untuk menjaga kelembapan dan kesehatan organ intim pria. Tak hanya itu, pelembap seperti lotion juga berfungsi untuk meminimalisir gesekan kulit yang terjadi akibat aktivitas fisik.

Zeichner menambahkan, jika mengoles pelembap dirasa merepotkan bagi Pria. Maka pemilihan sabun mandi yang tepat juga bisa jadi pilihan. Hindari sabun mandi yang cenderung membuat kulit terasa kaku setelah menggunakannya. Atau jika perlu, gunakan salep antijamur untuk menghambat pertumbuhan jamur pada kulit setelah mandi. *** (SS)

SHARE