Machine Gun Kelly, Penjahat Brutal yang Konyol - Male Indonesia
Machine Gun Kelly, Penjahat Brutal yang Konyol
MALE ID | Story

Machine Gun Kelly adalah seorang pembuat bajakan Amerika, perampok bank dan penculik yang menjadi berita utama pada tahun 1930-an. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup bersama dengan istrinya, Kathryn Kelly pada tahun 1933. Saat ini, nama Machine Gun Kelly telah diadopsi menjadi nama panggung seorang penyanyi rapper.

Photo by Magnus Manske on Wikipedia

Sebelum menjadi seorang penjahat yang brutal, Kelly adalah seorang pria yang berasal dari keluarga berada. "Machine Gun" lahir George Kelly Barnes pada 18 Juli 1895. Untuk sebuah keluarga kaya yang tinggal di Memphis, Tennessee, tahun-tahun awal Kelly sebagai seorang anak pada dasarnya lancar.

Tanda kesulitan pertamanya dimulai ketika dia mendaftar ke Mississippi State University untuk belajar pertanian pada tahun 1917. Sejak awal, Kelly dianggap sebagai siswa miskin dengan nilai tertinggi (C plus) dan diberikan untuk kebersihan fisik yang baik. Sayangnya, dia terus-menerus bermasalah dengan fakultasnya, dan menghabiskan sebagian besar karier akademisnya untuk mengatasi kerugian yang dia dapatkan di kampus.

Pada saat itulah Kelly bertemu dengan seorang wanita muda bernama Jenewa Ramsey. Kelly dengan cepat jatuh cinta pada Geneva dan membuat keputusan mendadak untuk berhenti sekolah dan menikah. Kelly kemudian dianugerahi dua orang anak, dan untuk memenuhi kebutuhan, mengambil pekerjaan sebagai sopir taksi di Memphis. 

Dia bekerja berjam-jam dengan sedikit upah untuk waktunya. Kelly dan Jenewa sedang berjuang secara finansial, karena pekerjaan itu gagal menyediakan cukup uang untuk menghidupi keluarga mereka. Tertekan dan putus asa, Kelly meninggalkan pekerjaannya bersama perusahaan taksi untuk mencari cara lain dalam memenuhi kebutuhan. 

Ketegangan terbukti luar biasa dan pada usia 19 tahun, dia menemukan dirinya tanpa kerja tetap dan terpisah dari istrinya. Saat itu Kelly memutuskan untuk memasuki dunia gangster dan memulai usaha baru sebagai seorang penipu.

Photo by SMU Libraries Digital Collections on Flickr

Sayangnya karena kasus penipuan, dia kerap keluar masuk penjara. Beberapa bulan dalam penjara, Kelly bertemu dengan kawanan perampok bank, salah satunya adalah Kathryn Thorne, seorang wanita yang memikat hatinya. Tanpa ragu, Kelly menikahi Karthryn pada tahun 1930. Kathryn, istri Kelly diyakini telah memengaruhi Kelly menjadi penjahat yang lebih brutal lagi.

Kathryn pula yang membelikan pistol pertama bagi suaminya itu. Berdua, mereka menemui kepala komplotan perampok bank Keating dan Holden dan membentuk sebuah tim perampok yang andal.

Kejahatan perampokan terus mereka lakukan bersama. Saat beraksi, Kelly dan Kathryn tak ragu membunuh para sanderanya dengan senapan mesin. Bahkan polisi pun mengakui kehebatan Kelly dalam menggunakan senjata api tersebut.

Kathryn, yang haus akan popularitas justru bertingkah sangat konyol. Wanita kejam ini memberikan selongsong peluru bekas menembak korban pada orang-orang khususnya para penjahat penggemarnya. Semua dia lakukan demi menunjukkan sisi ganas pasangan Machine Gun Kelly dan Kathryn.

Salah satu kejahatan paling terkenal yang mereka lakukan adalah saat menculik taipan (bos besar) pengusaha minyak di Oklahoma, Charles F. Urshcel. Pada 22 Juli 1933, Kelly memasuki rumah Urshcel bersama istri terkasihnya. Mereka menangkap Urschel dan menahannya dengan harapan bisa mendapat uang tebusan.

Photo by SMU Libraries Digital Collections on Flickr

Kelly menginginkan uang senilai 200.000 dollar Amerika. Jumlah yang sangat besar pada masanya. Bahkan saat uang tebusan dikirimkan, Kelly telah mengambilnya nyaris tanpa jejak. Namun polisi lebih cerdas, dan Urschel juga seorang pengusaha yang terlatih. Polisi mencatat semua nomor seri uang yang diberikan sebagai tebusan, agar saat uang itu digunakan, polisi bisa mendapat keterangan siapa penggunanya.

Urschel sendiri meyakini bahwa Kelly terlibat dalam penculikan. Meski selama diculik Urschel ditutup matanya, pengusaha ini bisa dengan yakin mengatakan lokasi dia ditahan ada di sekitar Paradise, Texas. September 1933, Kelly dan istrinya ditangkap di rumah masa kecil Kelly di Tennessee dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

Dua sejoli ini dikirim ke penjara Alcatraz untuk menghabiskan waktu mereka di sana. Hingga kini, Machine Gun Kelly dikenal sebagai seorang penjahat besar yang jadi brutal karena salah memilih pasangan hidup.

Selama waktunya di Alcatraz dia mendapat julukan "Pop Gun Kelly". Dia menghabiskan 17 tahun di Alcatraz sebagai narapidana nomor 117, bekerja di penjara, dan membual dengan membesar-besarkan petualangannya di masa lalu kepada narapidana lain.

Dia meninggal karena serangan jantung di Leavenworth pada 18 Juli, 1954. Dimakamkan di Cottondale Texas Cemetery dengan nisan kecil bertanda "George B. Kelley 1954". Kathryn Kelly sendiri dibebaskan dari penjara pada tahun 1958 dan tinggal di anonimitas relatif di Oklahoma dengan nama samaran "Lera Cleo Kelly" sampai kematiannya pada 1985 pada usia 81 tahun. *** (SS)

SHARE