Kondisi dimana Pria Wajib Batasi Konsumsi Sayur - Male Indonesia
Kondisi dimana Pria Wajib Batasi Konsumsi Sayur
Gading Perkasa | Sex & Health

Konsumsi sayur memang sangat baik bagi tubuh, terutama pria. Diet kaya sayuran juga dapat menurunkan risiko kanker dan melindungi jantung.

Photo by Scott Warman on Unsplash

Sayangnya, konsumsi sayuran juga berpotensi mendatangkan bahaya bagi kondisi kesehatan tertentu. Berikut beberapa kondisi yang membuat pria wajib membatasi sayuran, sebagaimana dilansir dari Readers Digest.

Pernah Menderita Penyakit Batu Ginjal
Satu dari lima orang yang memiliki batu ginjal kalsium oksalat (tipe yang paling umum) punya kadar oksalat tinggi dalam urin mereka.

Jika Anda pernah menderita batu ginjal, batasi makanan yang kaya oksalat, seperti  bayam, bit, dan bit hijau.

Mau Menjaga Berat Badan
Anda harus berhati-hati dengan hidangan berbahan terong. Tekstur dari daun terong dapat menyerap lemak. Bahkan, terong goreng menyerap lemak empat kali lebih banyak ketimbang kentang goreng.

Demi menjaga konsumsi kalori seminimal mungkin, Anda bisa mengonsumsi terong yang dipanggang atau direbus. Jika ingin menumisnya, gunakan sedikit minyak.

Mengidap Alergi Tertentu
Pria yang sensitif terhadap lateks disinyalir memiliki reaksi alergi akan alpukat. Bagi mereka yang sensitif pada aspirin dapat menderita alergi lobak. Lobak mengandung salisilat, senyawa yang mirip bahan aktif obat.

Menderita Asam Urat
Perhatikan asupan asparagus. Sayuran ini mengandung purin, zat yang mempromosikan kelebihan produksi asam urat dan memicu serangan asam urat cukup menyakitkan.

Menderita Maag
Produk berbasis tomat dapat meningkatkan asam lambung. Jadi, buat Anda yang menderita gangguan pencernaan ini, segera berhenti mengonsumsi tomat selama 2-3 minggu. Lihat apakah semuanya terasa lebih baik atau malah bertambah parah.

Bermasalah Pada Kelenjar Tiroid
Lobak mengandung dua zat goitrogenik, progoitrin dan gluconasturtin, yang mengganggu kemampuan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormonnya.

Senyawa ini tidak menimbulkan risiko jika seseorang dalam kondisi sehat. Namun, penderita hipotiroidisme atau kelainan kelenjar tiroid tidak boleh mengonsumsi lobak tanpa dimasak.

Gula Darah Terganggu
Orang yang menderita peradangan kronis disarankan menghindari atau meminimalkan asupan kubis. Kubis memicu kandungan bakteri yang hidup secara alami di saluran usus dan menyebabkan gas dan kembung.

Anda juga perlu membatasi asupan kembang kol, brokoli, dan kubis brussel karena dapat menyebabkan gangguan pada gula darah. [GP]

SHARE