Manfaat & Bahaya di Balik Pemakaian Mode Incognito | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Manfaat & Bahaya di Balik Pemakaian Mode Incognito
Sopan Sopian | Digital Life

Mode Incognito atau yang biasa disebut dengan modus penyamaran, adalah mode yang bisa digunakan saat berselancar di internet, tanpa menyimpan riwayat penelusuran. Pengguna biasanya menggunakan mode incognito pada Google Chrome.

Mode Incognito - male Indonesiapexels.com

Google memang memegang janjinya untuk tidak melacak laman web yang sedang Anda buka dan tidak melihat riwayat browser penggunanya. Selain terhindar dari riwayat penelusuran, mode ini juga memiliki manfaat lain, seperti tidak menyimpan user/paswod saat login media sosial yang menjadi auto log in.

Kemudian, manfaat lainnya adalah bisa bebas dari iklan yang mengganggu. Meskipun tidak ditiadakan semua, setidaknya Google tidak akan merekam jejak data dan kebiasaan Anda, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas browsing. Selain itu, dapat bebas mencari sesuatu yang pribadi.

Tetapi, dari beberapa manfaat di atas, mode incognito tersebut tak benar-benar aman. Pasalnya aktivitas Anda tetap bisa terpantau alias terlacak apabila dalam aktivitas browsing, Anda masuk menggunakan akun Google atau layanan yang menggunakan pihak ketiga. Siapa lagi kalau bukan Google dan pihak ketiga terkait yang bisa memantau aktivitas Anda.

Bahaya memakai mode incognito di browser juga bisa dirasakan oleh setiap pengguna. Meskipun kebanyakan dari mereka malah tidak mengetahui adanya kelemahan ini. Data yang ada menunjukkan bahwa sekitar 53% pengguna internet tidak mengetahui kalau data mereka ternyata tersimpan ketika mereka melakukan log in dengan bantuan akun google.

Mode incognito tidak secara keseluruhan menghapus dan membuat data penggunanya aman. Sebab mode incognito hanya akan mengamankan cookies dan juga hsitory atau secara otomatis tidak menyimpan dua hal ini pada pihak ketiga. Masih ada ruang untuk menyimpan data pengguna yang telah disediakan oleh browser.

Ketahui bahaya memakai mode incognito di browser. Dengan begitu, pengguna tetap bisa berhati-hati dalam melakukan aktivitas browsing. Pastikan terhindar dari bahaya lainnya yang bisa menyerang pengguna.

Tips Aman dalam Berinternet
Adapun cara teraman saat ini untuk melakukan transaksi internet atau transaksi online banking dengan aman dengan menggunakan VPN, software tersebut akan mengenkripsi data browser dan mengacak IP milik Anda demi terhindar dari para kolektor data di internet (hacker).

VPN sendiri ada memiliki penawaran premium dengan akses internet yang lebih kencang, ada pula yang gratis dengan minim fitur keamanan. *** (SS)

SHARE