Mengenal Istilah yang Ada di Dunia Startup - Male Indonesia
Mengenal Istilah yang Ada di Dunia Startup
MALE ID | Works

Dunia perintisan bisnis berbasis teknologi atau startup saat ini memang sedang marak dikembangkan. Startup muncul sebagai respon atas permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari dengan menawarkan teknologi sebagai solusinya.

Dunia Startup - male IndonesiaPhoto by Csaba Balazs on Unsplash

Menurut Paul Graham, startup merupakan sebuah perusahaan yang didesain untuk berkembang dengan cepat. Baru dirintis tidak serta merta membuat sebuah perusahaan menjadi startup. Perlu diingat bila startup tidak harus bergerak di bidang teknologi, memperoleh dana dari investor, dan melakukan exit.

Hal yang paling penting adalah berkembang dengan cepat. Semua hal yang berkaitan dengan startup akan mengikuti perkembangan perusahaan tersebut. Di Indonesia, perkembangan startup terbilang sangat cepat. Kesadaran anak muda untuk berbisnis dan menjadi bagian dari solusi turut mendorong semakin menjamurnya startup di tanah air. 

Pemerintah pun kian aktif dalam menciptakan startup-startup baru seperti diadakannya program seribu startup digital. Program ini hadir dengan mimpi besar mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan besar industri digital di Asia pada 2020. Namun perlu Anda ketahui, bahwa dalam dunia startup terdapat beberapa istilah.

Mungkin bagi sebagian orang istilah ini masih asing. Tetapi tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin medirikan startup memahami istilah yang ada di dunia startup ini.

Boostraping
Boostraping adalah kondisi ketika sebuah startup mencoba membangun bisnisnya dengan sumber daya yang mereka punyai sendiri karena ketiadaan investor yang mendanai perusahaan mereka. Para startup semacam ini membangun usahanya dengan modal pribadi atau pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan mereka.

Bila dibandingkan dengan startup yang didanai venture capital, startup ini lebih bisa mempertahankan kontrol atas bisnis mereka sendiri. Namun, cara ini juga mengandung resiko yang besar karena bila sampai gagal, maka kerugian sepenuhnya akan ditanggung oleh starup itu sendiri. Selain itu, startup boostrap cenderung lambat dalam berkembang karena modal yang terbatas. 

Venture Capital
Venture capital adalah perusahaan yang dapat mengumpulkan pendanaan dari sejumlah pemilik modal dan institusi tertentu yang diberikan kepada perusahaan rintisan atau starup. Venture capital nantinya akan mendapatkan imbalan sejumlah saham dari perusahaan startup yang didanai tersebut. Mengutip dari investopedia, bantuan yang diberikan oleh venture capital tidak melulu hanya soal uang, namun bisa memberikan dalam bentuk keahlian teknis atau manajerial.

Venture capital menjadi sumber pendanaan yang populer di dunia startup hingga saat ini, terutama bagi mereka yang kesulitan mengakses pasar modal. Namun, karena venture capital berperan dalam menggelontorkan sejumlah uang untuk starup, mereka berperan besar dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Acqui-hire
Acqui-hire merupakan istilah yang dipopulerkan oleh Google pada pertengahan tahun 2000. Kondisi itu terjadi saat sebuah perusahaan besar merasa ide dari sebuah startup itu sangat buruk, tetapi memiliki tim yang berbakat. Sehingga perusahaan tersebut melakukan akuisisi untuk mendapatkan tim tersebut sebagai bonus.

Dalam banyak kasus, startup yang dibeli oleh perusahaan besar sebenarnya sudah tidak dapat mengumpulkan dana lagi. Bagi para pendiri starup tersebut mengambil tawaran untuk “buy out” terdengar lebih baik bila dibandingkan menerima kenyataan bahwa startup miliknya bangkrut.

Angel Investor
Sebenarnya, tidak ada penjelasan resmi mengenai istilah ini. Angel investor adalah seseorang atau individu yang mau menggunakan dana pribadinya untuk mendanai sebuah startup. Sama hal nya dengan venture capital, angel investor pun akan mendapatkan keuntungan berupa sejumlah saham dari perusahaan tersebut. 

Menurut The Bussines Angel, cirri-ciri Angel Investor diantaranya adalah individual, berinvestasi pada startup yang relatif sudah mapan, dana investasi di bawah USD $1 juta, dan dapat ikut campur atau tidak di dalam perusahaan.

Seed Funding
Seed funding adalah pendanaan tahap awal yang didapatkan perusahaan startup. Seed funding biasanya digunakan startup untuk membuktikan bahwa ide bisnisnya dapat berjalan sebelum mencari dan mendapatakan pendaan tahap selanjutnya.

Setelah tahap seed funding, maka biasanya perusahaan akan masuk ke tahap seri-A, B, C dan setersunya. Pada tahap ini, perusahaan startup sudah siap menerima pendanaan dari Venture capital. Jumlah uang yang diterima pada tahap ini biasanya jauh lebih besar dari tahap seed. Dalam tahap ini, perusahaan startup akan menawarkan saham sebagai timbal balik dari uang yang diterima dari Venture capital. *** (SS) 
 

SHARE