Ciptakan Karya Baru Saat Tak Lagi Bersama Apple - Male Indonesia
Ciptakan Karya Baru Saat Tak Lagi Bersama Apple
MALE ID | Digital Life

Sebelumnya tidak ada seorang pun menyangka bahwa pembesut komputer yang dulunya berkantor di garasi rumah, kini menjadi sebuah perusahaan teknologi paling terkenal di dunia.

perusahaan teknologi - male IndonesiaPhoto by Thought Catalog on Unsplash

Tentu perusahaan teknologi yang dimaksud tak lain adalah Apple. Perusahaan ini begitu inovatif dengan produk-produknya. Mulai dari iPhone, iPad, MacBook, dan sejumlah produk lainnya. Bekerja di Apple pun jadi impian sebagian besar orang.

Kendati demikian, di perusahaan, lumrah rasanya karyawan mengundurkan diri dan pindah ke kantor lain atau mendirikan perusahaan sendiri. Tiga perusahaan teknologi ini didirikan oleh eks karyawan Apple, apa saja MALEnials?

Path
Path memang telah disuntik mati. Namun tahukah Anda, kalau Path didirikan oleh Dave Morin, yang notabene mantan karyawan Apple? Ya, sebelumnya Morin bekerja di Apple dari 2004 hingga 2006. Ia menangani divisi produk dan pemasaran.

Setelah hengkang dari Apple, Morin menghabiskan waktu 3 tahun bekerja di Facebook, hingga akhirnya ia memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan yang pernah begitu digandrungi di Indonesia.

Flipboard
Flipboard didirikan oleh Evan Doll. Dia juga seorang mantan karyawan Apple yang berposisi sebagai software engineer iPhone.

Mengundurkan diri dari Apple, dia membangun Flipboard pada tahun 2009. Aplikasi ini cukup sukses karena desainnya yang menawan. Bahkan Apple pernah memilih Flipboard sebagai “App iPad of the Year” di tahun 2010 silam.

Aplikasi yang tersedia di platform Android, Windows, dan iOS tersebut merupakan majalah digital dengan hal-hal menarik dari berbagai belahan dunia.

Android
Kalau yang ini jangan ditanya lagi. Android merupakan sistem operasi yang kini paling banyak dipakai di smartphone.

Pendiri Android adalah mantan engineer Apple, Andy Rubin. Saking suksesnya, Rubin sampai dijuluki bapak Android.

Seperti dilansir dari New York Times, Rubin bekerja untuk Apple sejak 1989 hingga 1992. Ia terlibat dalam beberapa perusahaan inovatif yang berbeda, sebelum akhirnya mendirikan Android Inc. di tahun 2003.

Karena kesuksesannya, Android diakuisisi Google pada 2005 dan kini menjadi OS terbesar di dunia. Menurut IDC, OS Android dipakai di 85 % perangkat smartphone. [GP]

SHARE