Bijak Memilih Warna Lensa Kacamata Sesuai Kegiatan - Male Indonesia
Bijak Memilih Warna Lensa Kacamata Sesuai Kegiatan
MALE ID | Looks

Ketika pergi ke toko kacamata atau melihat-lihat koleksi kacamata hitam di toko online, Anda mungkin akan disuguhkan dengan banyak sekali pilihan model kacamata.

Photo by chester wade on Unsplash

Bukan cuma modelnya yang bermacam-macam, MALEnials juga harus memilih warna lensa kacamata. Misalnya cokelat tua, abu-abu, atau hijau. Sekarang, warna lensa apa yang paling baik untuk melindungi mata Anda?

Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Sangat wajib mempertimbangkan kualitas warna lensa kacamata sesuai kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Antara lain:

Abu-Abu
Warna abu-abu termasuk paling populer dipakai pada kacamata hitam dibandingkan warna lainnya. Sebab, warna ini memungkinkan mata Anda melihat warna dalam bentuk aslinya, serta dapat mengurangi kecerahan dan silau.

Maka tak heran, bila lensa kacamata pilot kebanyakan berwarna abu-abu. Pilih warna lensa abu-abu untuk mengemudi dan olahraga di luar ruangan seperti tenis, lari, atau bersepeda.

Cokelat Tua
Warna cokelat tua akan mengurangi silau dan menghalangi cahaya biru. Kacamata dengan lensa cokelat tua juga mencerahkan penglihatan Anda saat cuaca berawan.

Selain menghalau cahaya biru, warna ini meningkatkan kontras dan ketajaman penglihatan, terutama pada latar belakang hijau dan biru seperti rumput dan langit.

Pilih warna cokelat tua yang bernuansa kemerahan saat Anda ingin melakukan aktivitas memancing, golf, bersepeda, dan olahraga air.

Merah
Lensa berwarna merah meningkatkan kontras, caranya yaitu menghalangi cahaya biru. Merah dapat menenangkan mata dan cenderung lebih nyaman dibandingkan warna yang lain jika dipakai dalam waktu lama.

Bahkan kacamata berwarna merah juga membantu pandangan saat mengemudi, dan menjadi favorit di antara pengguna komputer karena mereduksi silau dan kelelahan mata.

Kuning
Warna kuning atau oranye akan meningkatkan kontras dalam kondisi berkabut atau cahaya rendah. Pewarnaan ini cenderung membuat benda tampak lebih tajam, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Namun, warna kuning bisa mengaburkan warna aslinya. Karena itu, Anda tidak disarankan menggunakan kacamata dengan lensa kuning saat mengemudi. Pasalnya, mata Anda harus awas melihat berbagai warna yang ada di rambu-rambu lalu lintas.

Hijau
Warna hijau akan menyaring sinar biru dan mengurangi silau. Warna ini juga membuat kontras dan ketajaman pada penglihatan Anda lebih tinggi.

Nuansa hijau dapat mencegah mata lelah dalam cahaya yang terang. Pilih warna hijau saat melakukan olahraga di luar ruangan seperti tenis atau saat Anda bersantai di pantai. [GP]

SHARE