Sebelum Beli, Kenali 3 Jenis Lisensi Windows Ini - Male Indonesia
Sebelum Beli, Kenali 3 Jenis Lisensi Windows Ini
MALE ID | Digital Life

Ketika Anda membeli lisensi untuk sistem operasi Windows pastikan Anda telah mengetahui jenis-jenis lisensi yang akan Anda gunakan nantinya. Karena bila Anda salah membeli jenis lisensi bisa saja Anda akan kecewa dibuatnya.

Pxhere.com

Kecewa di sini bukan karena Anda tertipu key lisensi yang dibeli. Tetapi lisensi yang telah dibeli bukan yang anda harapkan, karena perlu diketahui bahwa masing-masing versi memiliki distribusi, aktivasi, maupun maintenance yang berbeda.

Seperti halnya setelah Anda melakukan clean install Windows, entah itu Windows 7, 8, atau 10 maka salah satu langkah penting yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan aktivasi Windows. Untuk melakukan aktivasi Windows secara legal (bukan bajakan), maka anda membutuhkan sebuah lisensi Windows. Terkait dengan lisensi Windows, ada 3 jenis lisensi Windows yang beredar dan dapat anda gunakan.

Pada operasi sistem Windows, jenis lisensi yang paling umum dikenal adalah Retail (Full Packaged Product), OEM (Original Equipment Manufacturer) dan Volume License. Setiap jenis lisensi Windows tersebut memiliki batasan-batasan hak/lisensi serta menerapkan penggunaan yang berbeda berdasarkan Ketentuan Lisensi Perangkat Lunak dari Microsoft.

Lisensi Retail (Full Packaged Product)
Windows License Retail atau yang sering juga dikenal dengan istilah full packaged product merupakan jenis lisensi Windows yang bisa Anda peroleh pada Microsoft Store atau toko yang menjual lisensi Windows secara resmi. 

Lisensi Windows ini biasanya berupa produk fisik yang terdiri dari Dus/Box, Disk, Manual Book, dan Product Key untuk aktivasi Windows. Jika Anda melakukan pembelian secara online, besar kemungkinan hanya akan diberikan product key saja.

Jenis lisensi retail pada Windows hanya dapat anda pasang pada satu perangkat komputer meskipun dapat dipindahkan ke komputer lain. Tapi, yang perlu diingat bahwa jenis lisensi ini tidak akan dapat digunakan pada lebih dari satu komputer pada waktu yang bersamaan. 

Lisensi OEM (Original Equipment Manufacture)
Jenis lisensi windows yang satu ini umumnya dilekatkan pada bagian PC, kemudian server, atau bahkan laptop. Jenis lisensi ini juga dijual secara sekaligus pada hardware. Dengan kata lain, lisensi windows OEM yang digunakan pun akan terintegrasi langsung pada bagian PC, laptop atau pun server yang Anda miliki sehingga program atau bahkan software yang terinstal di dalamnya pun telah teraktivasi dengan menggunakan lisensi OEM.

Ciri-ciri dari Laptop yang menggunakan jenis lisensi Windows OEM biasanya terdapat sticker Windows pada Laptop tersebut. Selain itu, pada bagian bawah laptop juga akan terdapat sticker yang berisi product key. Product key pada sticker tersebut dapat anda gunakan untuk aktivasi kembali Windows jika suatu saat melakukan install ulang.

Kelebihan dari lisensi ini adalah karena anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membeli lisensi Windows. Tapi, jika anda menemukan masalah maka lisensi tersebut tidak akan mendapatkan dukungan dari Microsoft, malainkan dari pihak vendor Laptop yang anda gunakan. 

Lisensi Volume
Lisensi ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki PC yang banyak. Lisensi Volume ini bisa mengaktivasi lebih dari 1 mesin, banyaknya tergantung dari Volume Licensing Agreements yang dibuat antara perusahan dan penjual lisensi. Untuk lisensi jenis ini digunakan oleh Edisi Windows 10 Enterprise.

Kekurangan dari lisensi Volume adalah karena secara persyaratan tidak dapat digunakan oleh individu atau personal. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pengguna Windows yang menggunakan lisensi Volume pada komputer pribadi (bukan komputer perusahaan). *** (SS)
 

SHARE