Lama Kerja Gaji Tak Naik, Mungkin ini Sebabnya - Male Indonesia
Lama Kerja Gaji Tak Naik, Mungkin ini Sebabnya
MALE ID | Works

Naik gaji tentu merupakan keinginan setiap pekerja di dunia ini. Namun, untuk mendapatkan hal itu, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi.

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Syarat-syarat yang dimaksud meliputi performa selama bekerja, mampu melampaui ekspektasi atasan atau perusahaan, serta cukup baik dalam perihal kedisiplinan, seperti jarang terlambat datang ke kantor apalagi absen.

Makanya jangan langsung heran jika Anda tidak naik gaji meski telah bekerja cukup lama di suatu perusahaan. Boleh jadi hal-hal ini menjadi penyebabnya.

Tidak Menanyakan Promosi Jabatan
Kalau Anda memang merasa mampu, tidak ada salahnya menanyakan promosi jabatan. Kenalkan diri dan ceritakan segala prestasi yang sudah Anda berikan serta rencana jangka panjang di perusahaan. Dengan jabatan yang berubah, gaji pun bertambah.

Tidak Langsung Meminta
Sebagai pria, Anda harus punya keberanian untuk bertanya langsung mengenai kenaikan gaji pada atasan atau bagian personalia.

Dari survei yang dilakukan oleh Bank of America, ditemukan hasil sebanyak 80 % karyawan muda tidak pernah meminta kenaikan gaji selama dua tahun terakhir.

Padahal, jika mendapat tanggung jawab lebih, Anda sangat layak mendapat kompensasi. Apalagi tanggung jawab itu disamakan dengan pekerja senior.

Tidak Meminta Kritik atau Saran
Kritik dan saran yang membangun cukup penting bagi pengembangan karier Anda. Hal ini semakin penting kalau Anda masih dalam tahap merintis. Jadi, mintalah saran dan kritik dari atasan yang Anda anggap punya kapasitas.

Tidak negosiasi fasilitas tambahan
Tak semua hal ditunjukkan dalam bentuk gaji. Menurut konsultan Glassdoor, ada fasilitas yang lebih baik ketimbang kenaikan gaji, misalnya asuransi kesehatan, bonus, saham, waktu kerja lebih fleksibel atau cuti tahunan.

Kurangnya kecerdasan emosi
Dalam sebuah hasil survei, pemimpin bisnis dan manajer personalia sepakat bahwa kecerdasan emosi jauh lebih penting dari kemampuan teknis.

“Jadilah pribadi yang menyenangkan dalam tim. Tingkatkan pula kemampuan komunikasi tim,” kata Founder sekaligus CEO IvyWise, Kat Cohen.

Kinerja Kurang Baik
Survei lain menyebutkan, sebanyak 40 % pekerja tidak naik gaji akibat kinerja yang kurang baik. Miliarder Mark Cuban pun menyarankan, tanya pada diri sendiri apa Anda sudah bekerja maksimal dan kontribusi yang Anda berikan ke perusahaan. [GP]

SHARE