Pretzel, Kudapan yang Wajib Ada di Oktoberfest - Male Indonesia
Pretzel, Kudapan yang Wajib Ada di Oktoberfest
MALE ID | Relax

Mendengar nama pretzel, tentu langsung terbayang Negeri Jerman. Berwarna cokelat tua dan berbentuk bak pita menjadi ciri khas utamanya. Roti yang tebuat dari tepung gandum ini adalah makanan wajib ada saat pesta panen, Oktoberfest.

Photo by Gading Perkasa/Male Indonesia

Di beberapa kota di Indonesia, khususnya di Jakarta, kedai roti pretzel banyak dijumpai. Zaman semakin berkembang, inovasi pada roti tersebut juga dihadirkan dengan aneka rasa dan bentuk.

Pada resep tradisional, pretzel terbuat dari tepung gandum, malt, garam, ragi dan air. Tekstur aslinya keras, namun untuk menyesuaikan selera banyak orang menggunakan pelunak tekstur.  

Roti yang bernama natronlauge (Jerman) itu juga memiliki taburan unik seperti garam kasar, biji wijen, dan masih banyak lagi.

Andil Besar dalam Peperangan
Menurut berbagai sumber, pretzel berkontribusi penuh dalam menggagalkan serangan pasukan Ottoman Turki ketika hendak menginvasi Wina, Austria, pada 1510.

Cerita ini bermula ketika biksu yang tengah memanggang pretzel di ruang bawah tanah sebuah vihara mendengar bahwa pasukan Ottoman telah mendekati kota.

Tanpa pikir panjang, ia segera memperingatkan seluruh kota, dan segera membantu pasukan Austria untuk membendung serangan Turki. Sebagai penghargaan, Kaisar Austria memberikan jubah kebesaran pada biksu tersebut.

Menginjak abad ke-17, makna pretzel sedikit bergeser karena dipercaya melambangkan ikatan abadi. Diawali oleh pasangan kerajaan asal Swiss yang menggunakan pretzel dalam upacara pernikahan.

Makanan Kaum Imigran
Pretzel sempat digunakan kaum imigran sebagai nilai tukar ketika bertransaksi dengan penduduk asli Amerika yang mereka temui. Para imigran Jerman juga membawa pretzel saat mereka menetap di Pennsylvania, sekitar 1710.

Pada 1861, Julius Sturgis mendirikan toko roti pretzel pertama di kota Lititz, Lancaster County, Pennsylvania. Ia pula yang berhasil menemukan varian pretzel terbaru bertekstur keras dan renyah.

Berikut ini adalah beberapa varian pretzel yang bisa Anda nikmati bersama pasangan:

Pretzel Gulungan (laugenbrotchen)
Adalah pretzel yang dibentuk menjadi bola-bola kecil. Di Amerika, laugenbrotchen menduduki rating teratas dan sangat populer.

Cheese Pretzel (kase-brezel)
Pretzel dengan topping keju. Keju yang ditambahkan beberapa menit sebelum roti dimasukkan oven, membuatnya tidak meleleh ke dalam adonan. Dengan demikian, rasa keju di tiap gigitannya semakin terasa.

Pretzel Bread Sticks (laugenstangen)
Pretzel yang dibentuk memanjang. Untuk jenis ini, pretzel dibagi menjadi beberapa varian yaitu stik keju (kasestangen), serta ham dan stik keju (kase-schinken-stangen). [GP]

SHARE