Terapi Bekam, Mendunia & Bermanfaat Bagi Pria - Male Indonesia
Terapi Bekam, Mendunia & Bermanfaat Bagi Pria
MALE ID | Sex & Health

Terapi bekam merupakan bentuk pengobatan alternatif kuno di mana seorang terapis meletakkan cangkir khusus di kulit selama beberapa menit untuk membuat kulit terisap. Di negara Asia, bekam, kop, dan akupuntur adalah terapi kesehatan yang paling banyak digunakan.

Photo: Pixabay.com

Bekam dipercaya meningkatkan aliran darah khusus di area yang dikop serta menstimulai "energi alami" tubuh alias chi. Bagian kulit yang disedot selama beberapa menit itu meninggalkan bekas kemerahan atau keunguan. Lantas apa saja manfaat di bekam?

Membuang Racun
Banyak racun yang diserap oleh tubuh setiap harinyabaik dari makanan yang dikonsumsi hingga faktor udara dan lingkungan yang terkontaminasi dan diserap tubuh. Racun, angin dan kolesterol berkumpul bersama darah di lapisan kulit. Manfaat bekam bisa untuk membuang hal-hal tersebut yang sering menjadi penyebab penyakit. Racun, angin, dan kolesterol yang terkumpul pada permukaan kulit bisa ditarik ke luar dengan cara menyedot darah kotor.

Atasi Kelelahan
Kelelahan biasa dialami oleh hampir semua orang. Tahukah Anda bila kelelahan bisa diatasi dengan terapi bekam? Selain dengan istirahat, menjaga pola diet, dan terapi pijatan, kelelahan bisa diatasi dengan melakukan terapi bekam. Kelelahan yang diakibatkan oleh syaraf-syaraf yang kaku akan diredakan dengan terapi bekam.

Redakan Sakit Kepala
Jika Anda yang sering kena sakit kepala dan migrain, tidak ada salahnya mencoba bekam. Adapun titik-titik terbaik untuk menyembuhkan keluhan ini adalah di leher dan kepala. Meski begitu, Anda perlu rela sedikit bagian rambut dicukur agar bisa dibekam.

Studi 2008 di Iran terhadap efek "bekam basah" yang mengombinasikan penyedotan dengan perdarahan terkontrol dari kulit yang disedot menemukan bahwa peserta mengalami rata-rata 66 persen penurunan nyeri sampai tiga bulan setelah terapi, juga 13 hari lebih sedikit sakit kepala per bulan.

Meningkatkan Kesuburan Pria
Bekam juga dapat menikmatkan jumlah sperma dan kualitas sperma. Melakukan pembekaman pada titik syahwat akan membantu memperbaiki kinerja testis sehingga produksi sperma akan meningkat. Selain itu, terapi bekam untuk kesuburan bagi pria juga bisa berguna bagi yang memiliki masalah disfungsi ereksi.

Efek Samping Bekam
Walau memiliki banyak manfaat, terapi bekam juga memiliki efek samping. Efek samping bekam ini ada karena terkait dengan teknik terapi bekam. Jarum dan perangkat hisap yang digunakan pada terapi bekam menyebabkan efek samping berupa tanda seperti memar pada area tubuh yang dibekam.

Efek samping berupa infeksi kulit, peradangan, dan luka bakar bisa saja ada setelah melakukan terapi bekam. Hal tersebut bisa terjadi karena ada hal-hal tertentu yang diabaikan. *** (SS)

SHARE