Kebangkitan Yahoo Hadirkan Aplikasi Messenger | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kebangkitan Yahoo Hadirkan Aplikasi Messenger
Gading Perkasa | Digital Life

Setelah mematikan Aplikasi Yahoo Messenger pada bulan Juli 2018 lalu, Yahoo rupanya masih belum benar-benar berhenti berinovasi. Mereka kembali ke medan perang ranah pesan instan dengan meluncurkan aplikasi baru.

Blue Diamond Gallery

Aplikasi baru ini dinamakan Yahoo Together, tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Yahoo Together dirancang guna memudahkan komunikasi grup yang punya kegemaran serupa.

Fitur built in organisasi dan alat tambahan pintar lainnya di aplikasi Yahoo Together akan membuat pengguna semakin mudah mengelompokkan percakapan ke dalam topik yang berbeda-beda.

Di Yahoo Together, pengguna dapat membuat grup dengan jenis yang sangat beragam. Entah itu keluarga, teman, klub buku, dan lain sebagainya. Setiap grup mempunyai kanal percakapan yang dipisahkan berdasarkan topik.

Dalam keterangan resminya, Yahoo menyebutkan bahwa aplikasi baru ini dirancang demi kemudahan pengguna agar terhubung dan berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan sama.

Dari sisi konsep, sejatinya Yahoo Together hampir mirip seperti Slack, dimana pengguna dapat berbagi foto, video dan berkas lainnya.

Seluruh berkas itu akan diunggah dan dibagikan ke wadah khusus yang bisa diakses oleh semua orang dalam grup tersebut.

Untuk memudahkan pencarian berkas dan percakapan, Yahoo mengklaim telah membenamkan fitur pencarian yang mumpuni.

Bahkan, Yahoo Together juga menawarkan fitur percakapan pribadi atau Secret Topic yang bisa dipakai. Misalnya buat merencanakan kejutan ulang tahun anggota grup.

Fitur lainnya di aplikasi tersebut antara lain alat pelengkap seperti emoji, selfie, reaksi yang bisa dimodifikasi sesuai keinginan, dan pengingat massal guna memastikan semua orang membaca kiriman pesan.

Sebelumnya, Yahoo Together punya nama lain, yaitu Squirrel yang beberapa waktu lalu masih berlabel beta dan digarap secara intens.

Kini, Squirrel alias Yahoo Together sudah tersedia di App Store dan Gooogle Play Store tanpa harus menggunakan undangan.

Hanya saja, sejauh ini belum terlihat seberapa besar antusiasme publik terhadap kehadiran Yahoo Together. Yahoo pun pernah meluncurkan aplikasi bernama Tanda, yang ditutup beberapa bulan pasca dirilis.

Sebagian pihak menduga, kabar mengenai bocornya miliaran akun Yahoo pada 2013 lalu masih menghantui mantan pengguna Yahoo. [GP]

SHARE