Karya Legendaris Pabrikan Suzuki Kembali Hidup - Male Indonesia
Karya Legendaris Pabrikan Suzuki Kembali Hidup
MALE ID | Sport & Hobby

Salah satu karya legendaris pabrikan Suzuki kembali dihidupkan. Motor bergenre sport Suzuki Katana generasi paling modern, resmi dikenalkan pada pameran motor Intermot (International Motorcycle Fair) di Jerman.

Global Suzuki

Motor yang cukup dinantikan pecinta otomotif itu, hadir sebagai tribute untuk versi Katana pertama (dirilis pada 1981) dan menjadi sportsbike paling ikonik yang pernah diproduksi pabrikan Suzuki.

Seperti yang biasa terjadi pada model baru dengan inspirasi ikonik klasik, Katana juga punya sejumlah poin, serupa rilisan terdahulu. Sisanya, mengadopsi dari Suzuki GSX-S1000.

Beberapa fitur canggih dan modern turut disematkan. Desain paling mencolok dari fairing-nya cukup tajam dan agresif. Jaraknya cukup jauh dengan stang kemudi. Pada bagian buritan, terdapat fender compact dan berdesain floating.

Ada pula lampu berbentuk kotak dengan teknologi LED di ujung wajah. Masih dari fitur modern, panel instrumen LCD sepenuhnya bercokol pada dashboard di balik stang.

Seluruh fitur itu diadopsi dari GSX-R1000R. Yang cukup menarik, jenis huruf pada tulisan Suzuki di tangki dijadikan persis seperti pada Katana versi lawas.

Dari sektor dapur pacu, mesin yang disematkan pun sama seperti model GSX-R1000 lansiran tahun 2005-2008. Yaitu mesin 4-silinder, inline, 999cc, pendingin cairan, dan bore x stroke 73,4 x 59 mm.

Stroke lebih panjang dipilih agar bisa mendapat karakter mesin yang memiliki torsi galak dengan respon throttle lebih halus di putaran bawah.

Global Suzuki

Torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 108 Nm pada 9.500 Rpm, dan puncak tenaga sekitar 150 HP di kitiran 10.000 Rpm. Penyalur daya diserahkan pada transmisi 6-speed, kopling ganda.

Untuk pendukung performa, terdapat fitur tiga tingkatan sistem kontrol traksi yang bisa dimatikan kalau sedang tidak dibutuhkan. Di balik bodi, ada rangka modern twin spar aluminium alloy.

Suspensi depan memakai up-side down 43 mm dan monoshock di bagian belakang. Kedua suspensi berlabel KYB. Sistem penghenti laju, menggunakan rem cakram Brembo ganda di bagian depan berukuran 310 mm dan dukungan ABS dari Bosch.

Dengan menghidupkan kembali nama sportsbike Suzuki Katana, diharapkan bisa mengobati kerinduan penggila kecepatan yang pernah mengenalnya di era 80-an, sekaligus penghormatan kepada salah satu ikon di dunia otomotif roda dua. [GP]

SHARE