Durasi Waktu Tidur Siang yang Pas & Berkualitas | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Durasi Waktu Tidur Siang yang Pas & Berkualitas
Gading Perkasa | Sex & Health

Tidur siang awalnya dianggap sebagai pertanda kemalasan seseorang. Namun, satu dekade terakhir, para pakar justru menyarankan agar pria tidur siang demi meningkatkan produktivitas.

Photo by Ömürden Cengiz on Unsplash

Mereka menyebutkan, tidur siang memacu memori, kewaspadaan, kreativitas dan mood. Bila dilakukan secara rutin, akan meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Walau demikian, durasinya harus tepat. Tidur di siang hari terlalu lama bisa mengganggu waktu tidur malam dan Anda tidak mendapat manfaat apa pun. Penelitian menunjukkan, tidur siang idealnya berlangsung selama 15-30 menit.

Kalau sangat lesu dan sulit berkonsentrasi, tambahlah durasi tidur siang sedikit lebih lama, yakni sekitar 90 menit.

“Durasi 90 menit sudah memenuhi satu siklus tidur, mulai dari tidur dangkal sampai tidur dalam. Saat bangun, kita akan merasa sangat segar,” ucap Sara Mednick Ph.D, peneliti dari Universitas California, Amerika.

Sedangkan durasi tidur siang yang kurang justru bisa menyebabkan rasa pusing setelah bangun. Solusinya, pasang alarm agar waktu tidur siang tidak kurang atau berlebih.

Guna mencegah rasa pusing setelah tidur di siang hari, lakukan aktivitas yang membutuhkan pengambilan keputusan sekitar 20 menit usai Anda terbangun. Ini akan memberi kesempatan pada tubuh dan pikiran sadar sepenuhnya.

Para ahli juga tidak merekomendasikan berolahraga sehabis bangun tidur. Olahraga bisa menstimulasi otak, dan tidur malam menjadi sulit.

“Aktivitas olahraga sudah memiliki manfaat membangkitkan energi sehingga tubuh dan otak kita tidak punya kesempatan istirahat setelah tidur,” katanya.

Tips lain mendapatkan manfaat besar dari tidur siang yaitu konsisten dengan jadwal setiap hari.

“Menerapkan jadwal tetap untuk tidur, tubuh akan mengenali kapan waktunya mengurangi energi agar kita bisa tidur siang cepat dan tidak pusing begitu bangun,” tuturnya.

Supaya efeknya makin maksimal, ternyata ada waktu tidur terbaik menurut para ahli, yakni jam 3 sore. Alasannya terkait dengan irama sirkadian yang mengalami penurunan sekitar waktu tersebut.

Banyak pula orang yang sering mengalami rasa kantuk atau penurunan konsentrasi usai makan siang. Itu sebabnya, jam 3 sore dianggap sebagai waktu paling pas untuk sejenak tidur.

“Saat tubuh kurang tidur, mood bisa berantakan, konsentrasi turun, kesehatan dan sistem imun juga rendah. Tak ada hal baik dari kekurangan tidur,” kata Rajkumar Dasgupta, asisten profesor di Sekolah Kedokteran Universitas Southern California, Amerika. [GP]

SHARE