Paella, Nasi Goreng ‘Gila’ Khas Tanah Matador | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Paella, Nasi Goreng ‘Gila’ Khas Tanah Matador
Gading Perkasa | Relax

Di Indonesia, nasi goreng ‘gila’ sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Berbagai bahan yang dimasukkan, seperti udang, sosis, irisan ayam, tomat dll membuat makanan tersebut begitu menggoyang lidah.

wikimedia commons

Rupanya, nasi goreng gila bukan cuma ada di Indonesia lho. Tanah Matador juga mempunyai makanan serupa yang kemudian dimasak hingga menjadi nasi berbumbu.

Setelah matang, nasi berbumbu ini diberikan lauk, yaitu udang, kerang, ayam, bahkan daging kelinci. Voila! Paella sudah siap disantap.

Berasal dari Albufera Laguna, pesisir pantai Valencia, Spanyol pada pertengahan Abad ke-19, paella menjadi makanan yang selalu hadir dalam setiap pertemuan.

Banyak orang non pribumi Spanyol memandang paella sebagai hidangan nasional Spanyol, namun kebanyakan orang pribumi menganggapnya hidangan dari kawasan Valencia.

Di kemudian hari, orang-orang Valencia menjadikan paella sebagai salah satu simbol bagi daerah mereka.

Makanan ini akan disajikan setiap hari Minggu atau ketika perayaan Falles, perayaan tradisional untuk mengenang Saint Joseph.

Secara umum, terdapat tiga jenis paella, antara lain de marisco, vegetariana, dan mixta. Bila diterjemahkan, paella de marisco berisi nasi, bumbu-bumbu dan hewan laut, semacam udang, cumi-cumi, kerang dan banyak lagi.

Berikutnya paella vegetariana, berisi nasi, bumbu-bumbu, serta paprika, jamur, dan kacang-kacangan. Paella mixta berisi nasi, bumbu, dan campuran daging ayam maupun seafood.

Paella Valencia dipercaya merupakan resep paella yang asli dan terdiri dari nasi putih, kacang hijau (bajoqueta dan tavella), daging (ayam, bebek, dan kelinci), kacang putih (garrofon), siput, dan berbagai macam bumbu seperti saffron dan rosemary.

Uniknya, makanan ini tidak diolah dengan sembarang penggorengan. Pembuatannya harus dilakukan di atas wajan pipih yang disebut patella. Proses memasaknya pun tidak sebentar.

Beras yang telah bersih dimasak bersama tomat, bawang putih, bawang bombay, daging, seafood, dan kunyit. Kunyit digunakan untuk menghasilkan warna kuning pada nasi dan menghasilkan aroma yang khas.

Selain itu, bahan paling penting dalam makanan tersebut yaitu saffronSaffron adalah pewarna makanan yang mampu mengubah warna menjadi kuning keemasan.

Dibuat dari partikel bunga saffron, bumbu ini harganya dapat mencapai belasan juta rupiah per kilogram. Bahkan ada yang dijual hingga 130 juta rupiah per kilogram. Harga yang fantastis dikarenakan proses pembuatannya butuh banyak bunga saffron. [GP]

SHARE