Keunikan dan Keindahan Desa di Atas Awan Flores - Male Indonesia
Keunikan dan Keindahan Desa di Atas Awan Flores
MALE ID | Relax

Pernahkah Anda melihat desa yang berada diketinggian atau tertinggi di Indonesia? Jika belum Desa Wae Rebo jawabannya. Desa ini beradai di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa ini berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Photo by Mahmur marganti on Wikipedia

Wae Rebo adalah sebuah desa adat terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Di desa ini hanya terdapat 7 rumah utama atau yang disebut sebagai Mbaru Niang. Karena letaknya terpencil, jika Anda dari jakarta, Pemberhentian pertama penerbangan adalah di Denpasar dan kemudian dilanjutkan dengan pesawat menuju Labuan Bajo. 

Dari Labuan Bajo lanjut 2-3 jam perjalanan darat dengan mobil menuju Denge. Perjalanan belum berhenti sampai disitu, Wae Rebo yang berada di lembah diantara pegunungan, hanya bisa ditempuh melalui jalan kaki dari Denge, desa terdekat dengan Wae Rebo yang masih bisa diakses oleh mobil. 

Photo by Flickr upload bot on Wikipedia

Setelah itu, Anda perlu berjalan kaki selama 4 jam dengan medan bervariasi. Mulai bebatuan, tanah yang menanjak, sampai melewati sungai dengan jambatan bambu. Meskipun begitu dijamin usaha yang Anda lakukan akan terbayarkan begitu sampai ke lokasi tujuan. Dengan ketinggian itu, Wae Rebo memang layak disebut sebagai desa di atas awan.

Di sekitar desa akan terlihat pemandangan pegunungan. Keindahan itu dipadukan dengan tujuh rumah adat Mbaru Niang yang bentuknya cukup unik yakni seperti kerucut. Bangunan dengan atap terbuat dari rotan dan ditutupi ijuk itu terdiri dari lima lantai. Atapnya yang berbentuk kerucut membuat Mbaru Niang terlihat tidak memiliki dinding.

Pexels.com

Bagi pengunjung yang datang ke tempat ini nanti akan dibawa ke Mbaru Niang khusus tamu untuk dijamu oleh penduduk. Anda akan diberikan kopi Flores sebagai ucapan selamat datang. Jika ingin menginap juga dipersilakan. Di sana juga disediakan bantal dan selimut untuk menemani tidur. Namun jangan berharap bisa internetan atau menghubungi teman-teman di kota. Sinyal ponsel tidak kuat mendaki ke tempat ini.

Perlu diketahui, Desa Wae Rebo merupakan perkampungan bersejarah dan harus dilestarikan. Bahkan UNESCO telah menetapkan Desa Wae Rebo sebagai situs warisan budaya dunia di tahun 2012.

Saat Anda merencanakan ingin ke sini. Ada beberapa hal yang berpu dipersiapkan seperti fisik tentunya, kemudian ransel yang cukup kuat untuk trekking, sepatu hiking yang menggigit karena trek yang beragam, jaket ditambah kaus kaki untuk tidur, dan uang tunai, fungsinya tentu untuk membeli suvenir khas Desa Wae Rebo. ** (SS) 

SHARE