Liburan ke Selong Belanak, Harus Coba Kegiatan ini - Male Indonesia
Liburan ke Selong Belanak, Harus Coba Kegiatan ini
Gading Perkasa | Relax

Bencana gempa bumi yang menimpa pulau Lombok akhir Juli 2018 lalu membawa duka mendalam bagi tanah air. Bahkan beberapa kawasan wisata di sana ditutup untuk waktu cukup lama.

celebrityabc/flickr

Kini, sebagian tempat wisata di pulau Lombok mulai dibuka. Dari sekian banyak tempat, ada satu yang wajib Anda kunjungi sekali seumur hidup, yaitu Pantai Selong Belanak. Mengapa demikian?

Pantai ini berada di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Wisatawan bisa menempuhnya dengan berkendara selama 30 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Selain itu, Pantai Selong Belanak juga masih satu garis lurus dengan Pantai Kuta dan Pantai Seger. Walau belum terlalu populer bila dibandingkan pantai lain di pulau Lombok, tidak rugi kok Anda mengajak pasangan berlibur Selong Belanak.

Pulau Hawaii-nya Lombok
Mayoritas orang menyebut Pantai Selong Belanak sebagai Hawaii-nya Lombok, karena suasananya jauh dari kata modern. Kios dan kedai di sana pun masih menggunakan ilalang dan bambu.

Bahkan, tidak ada bangunan permanen. Kalau duduk di kedai, jangan lupa pesan air kelapa muda untuk menghilangkan rasa gerah. Sebab, cuaca di sana sangat panas.

Cocok untuk Berselancar
Menariknya, Pantai Selong Belanak memiliki hamparan pasir putih sepanjang satu kilometer dan lebar sekitar 10 meter. Bentuknya seperti setengah lingkaran dengan bibir pantai yang sangat luas dan diapit oleh perbukitan pada bagian utara dan selatan.

Ombaknya yang cukup tenang dan dangkalnya air laut membuat banyak wisatawan memanfaatkannya untuk berenang atau surfing. Di sana, sebagian besar penduduk lokal menyewakan alat surfing atau membuka kursus.

Bisa Pula Memancing
Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Selong Belanak adalah memancing. Anda bisa menyewa perahu kecil ke penduduk sekitar.

wikimedia commons

Mereka juga tidak keberatan diminta memandu dan akan memberitahu Anda soal spot memancing yang bagus. Apalagi, mayoritas dari mereka memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Jadi, selain mengamati aktivitas nelayan, Anda dapat melihat penduduk mengadakan pesta bakar ikan bersama.

Sudah siap liburan ke Selong Belanak bersama pasangan, MALEnials? [GP]

SHARE