Alasan Mengapa Sinyal Ponsel Penuh Tapi Lemot | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Alasan Mengapa Sinyal Ponsel Penuh Tapi Lemot
Sopan Sopian | Digital Life

Sinyal di ponsel terlihat penuh, anehnya kinerja internet lemot. Pasti Anda pernah merasakan itu sesekali, atau justru sering? Jika merasakan ini, apa lagi sedang membutuhkan koneksi, rasanya kemarahan sedikit demi sedikit memuncak.

Pexels.com

Siapa yang tidak kesal dengan kejadian seperti itu bukan. Bahkan hampir semua orang diluar sana pasti mengeluh ketika sinyal ponselya lemot, padahal bar indikator sinyal pada ponsel sedang penuh. Bahkan, gak sedikit operator yang jadi kena getahnya. Agar dapat memahaminya, berikut alasan yang perlu Anda ketauhui.

Dipengaruhi Banyak Hal
Salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah kecepatan internet sangatlah dipengaruh dari berbagai macam hal. Paling penting dan harus ada adalah modem atau perangkat ponsel yang Anda gunakan sendiri. Kecepatan intenet juga tergantung dari besarnya spesifikasi masing-masing perangkat untuk melakukan transmisi data.

Hal lain yang menjadi pengaruh adalah trafik pada operator. Jika Anda mengunggah atau mengunduh file yang semakin besar di jam-jam yang sibuk, maka secara otomatis kecepatamn internat yang Anda gunakan akan melambat. Selain itu jarak antara ponsel dengan server juga berpengaruh, kondisi base transceiver station (BTS) dan beberapa hal teknis lainnya.

Pahami Konsep Dasar Sinyal
Penjelasan ini akan bersifat lebih teknis. Sinyal yang dikirimkan oleh BTS dibagi untuk tiga sektor yang berbeda. Untuk sederhananya, anggap saja ada sekor A, B, dan C.

Sinyal yang bertugas untuk membawa informasi dari pengirim ke penerima disebut dengan sinyal carrier. Masing-masing sektor A, B, dan C pun memanfaatkan sinyal carrier sehingga Anda tetap dapat terhubung dengan internet.

Walau begitu, ada kalanya Anda berada di wilayah yang merupakan perbatasan antara dua sektor. Misal, Anda sebenarnya masih berada di sektor A, tetapi justru sinyal dari sektor B yang lebih banyak diterima. Sementara itu, status sektor B merupakan sinyal interferensi yang justru memperbesar terjadinya error pada sistem transmisi.

Sinyak Kuat Tak Menjadi Kecepatan Transmisi
Berdasarkan penjelasan di atas, Anda pun tentu bisa mengambil kesimpulan bahwa kuatnya sinyal yang terbaca pada ponsel tidak selalu menjamin kecepatan transmisi yang kencang pula. Keduanya adalah besaran yang berbeda dan tidak semestinya menjadi hal yang dicampuradukkan.

Untuk memastikan berapa besar kecepatan transmisi yang didapat, Anda bisa menggunakan aplikasi pengukuran. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Speedtest. Anda bisa mengunduh aplikasi ini dengan gratis.

Cek Aplikasi Ponsel
Selain berbagai hal diatas, Anda juga perlu memperhatikan aplikasi yang Anda gunakan. Besar kemungkinan jika aplikasi yang Anda gunakan memang membutuhkan kapasitas internet yang besar. Atau bisa juga aplikasi yang sedang Anda operasikan sedang mengalami gangguan pada servernya. 

Maka dari itu wajar saja jika koneksi internet menjadi lambat atau lemot. Agar Anda semakin yakin dan tak lagi bertanya-tanya, cobalah cek pada aplikasi lainnya. Jika aplikasi yang lain sama lemotnya, mungkin memang ada masalah pada koneksi internet Anda. *** (SS)

SHARE