Suka Modif Motor Skuter, Perhatikan Hal Ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Suka Modif Motor Skuter, Perhatikan Hal Ini
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Siapa yang tidak tahu vespa? Produk Italia yang sudah ada sekitar 70 tahun dan masih kuat sampai sekarang. Selain jumlahnya yang terus bertambah, komunitas ?vespa di Indonesia juga terus berkembang.

Pixabay.com 

Perkembangan pecinta vespa ini adalah pengaruh dari kendaraan roda dua yang terus berkembang dari generasi awal yang ditandai dengan skuter yang dikayuh, hingga sekarang memasuki generasi keempat yang sudah menggunakan listrik sebagai energi geraknya.

Bentuknya yang unik, tidak sedikit dari komunitas untuk mengubah atau memodifikasi vespa/skuter mereka jadi lebih greng. Dalam gelaran bincang Shopee "Kongkow Vespa Akhir Pekan", Days, Dimdim & Mamad Brewok perwakilan dari Libscoot dan Yoel Indra perwakilan dari Loakan Skuter (Loakster Indonesia) berbagi bagiamana memodif motor vespa/skuter Anda.

1. Perhatikan Unit
Pertama-tama Anda harus perhatikan unit skuter yang dimiliki sebelum mendandani. Perhatikan dari keutuhan badan atau body unit. Apakah cat nya masih utuh atau sudah di cat ulang? Apakah body skuter sudah banyak las? Lihat juga originalitas Spakbor, langai dan ?parts ?lainnya! 

Kenapa Anda harus memperhatikan keutuhan body? Karena itu menjadi arahan style Anda nantinya. Kalau unit body masih utuh dan cat masih asli Anda bisa fokus ke ?original style?, tetapi kalau body utuh cat nya sudah diulang, nah lebih baik untuk mengarah ke gaya ‘restorasi’, retro atau mods.

2. Ketahui Arah yang baik untuk unit
Variasi gaya vespa itu banyak. Contohnya, Original Style adalah unit vespa original dengan penambahan aksesori (variasi) original, sedangkan arah gaya restorasi itu mengarah kembali seperti saat unit keluar pabrikan. 

Nah kalau retro itu biasanya warna cat, body part dan aksesori bisa dibuat secantik mungkin tanpa mengubah bentuk vespa/skuter. Berbeda dengan Mods yang memiliki ciri khas dari pengendaranya yang stylist ditambah dengan unit yang menggunakan banyak spion, jon dan cover yang nyentrik.

3. Pilih Aksesori yang tepat
Anda juga harus tau aksesori yang tepat untuk gaya motor Anda tersebut karena di dunia vespa value ?barang atau aksesori itu penting. Mungkin dari nilai sejarah atau keunikannya. Anda pun harus pintar ?mix & match ?unit dengan aksesoris agar pas. Ada juga aksesoris yang mungkin cocok dipasangkan dengan warna dan ‘style’ vespa tapi tidak cocok digunakan di jalanan.

4. Perhatikan budget
Modifikasi atau dandanin vespa itu memang tidak murah tapi bisa juga jadi mahal kalau Anda tidak limit ?budget ?Anda! Coba dihitung dari awal dan tulis semua keperluan Anda. Konsultasi kepada para ahli agar tidak salah arahan dan tidak habis di ongkos! *** (SS)

SHARE